PENGARUH PEMBEBANAN LATERAL TERHADAP POLA RETAK DAN LEBAR RETAK PADA DAERAH SAMBUNGAN SUSUNAN PANEL BETON AGREGAT KASAR LIMBAH BATU ONYX MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BAUT

Authors

  • Nugroho Nugroho Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Edhi Wahjuni Setyowati
  • Indra Waluyohadi

Abstract

Panel beton merupakan pengembangan dari beton pracetak yang dapat menjadi opsi lain untukmembuat sebuah dinding. Untuk itu, dirancanglah  suatu susunan dinding panel beton dengan agregat  kasarl limbah  batu  onyx yangl disambung menggunakan sambungan baut agar  dapat  mengetahui  perilaku  retak yangl terjadi  pada susunan panel  beton  agregat  limbah  batu  onyx.

Penelitian  ini  bertujuan  untukl mengetahui  pola  retak  dan  lebar  retak  yang dihasilkan  oleh  perbedaan  sambungan  baut jenis  A307  dengan  ukuran 6  mm, 8  mm,

10 mm dan menggunakan plat BJ - 37 tebal 3 mm pada susunan panel beton onyx . Penelitian dilakukan dengan merencanakan panel  beton  ukuran  80  cm  x  40  cm x 6  cm .. Retak awal terjadi pada daerah tumpuan susunan panel yang diakibatkan besarnya momen dan gaya tarik pada daerah tumpuan serta terjadinya retak pada daerah sambungan diakibatkan oleh rambatan retak dari daerah tumpuan.

 

Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hanya ada satu susunan panel yang mengalami retak pada panel beton di bagian sambungan dan retak yang lain terjadi pada daerah tumpuan. Pola Retak yang terjadi pada daerah sambungan susunan panel beton agregat limbah  batu  onyx saat pengujian adalah  pola  retak jenis  retak lentur- geser yang diakibatkan oleh momen dan geser pada susunan panel beton . Nilai lebar retak pada daerah sambungan susunan panel beton agregat limbah batu onyx sebesar 1,056 mm menggunakan baut diameter 6 mm. Pada susunan panel beton menggunakan diameter baut 8 mm dan 10 mm mengalami retak awal di daerah tumpuan sebelum mengalami retak di daerah sambungan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar diameter baut tidak diikuti dengan semakin besarnya nilai lebar retak yang dihasilkan.

 

Kata kunci : panel dinding beton onyx, pola retak dan lebar retak, sambungan baut.

Published

2021-06-11

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)