PREDIKSI DIFUSI KLORIDA PADA BETON BERTULANG YANG DIEKSPOS DI LINGKUNGAN LAUT PASANG SURUT DENGAN METODE ERROR FUNCTION

Authors

  • Dwi Yulina Abdi Jayanti Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Devi Nuralinah
  • Indra Waluyohadi

Abstract

Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat pada bidang konstruksi. Adapun karakteristik bangunan pada lingkungan tersebut berbeda-beda yang tentunya akan menimbulkan beberapa permasalahan diantaranya dari segi ketahanan bangunan. Penyebab kerusakan utama pada struktur beton bertulang yaitu korosi yang nantinya dapat mempengaruhi kekuatan serta massa layan beton. Pada tepi pantai terdapat banyak bangunan yang bersinggungan langsung dengan air laut dimana sering terjadi masuknya air laut ke dalam pori beton yang menyebabkan beton rusak dan hancur.

Difusi Klorida yaitu proses masuknya air yang mengandung garam atau klorida ke dalam beton. Proses tersebut dapat mempengaruhi kekuatan pada beton dikarenakan partikel NaCl yang terkandung pada air laut yang menguap sehingga pada pori-pori beton timbul kristal yang mendesak pori-pori beton tersebut. Data penelitiian yang digunakan dalam analisis ini yaitu diambil dari jurnal “Prediction Model of Chloride Diffusion in Concrete Considering the Coupling Effect of Coarse and Steel Reinforcement Exposed Marine Tidal Environmentâ€, oleh Yuanzhan Wang, Xiaolong Gong, dan Lianjian Wu (2019) yang nantinya hasil yang diharapkan sesuai dengan nilai yang ada pada data.

Adapaun data yang dibutuhkan untuk analisis perkiraan klorida yaitu diantaranya nilai klorida dan kedalaman, serta lama waktu pengujian. Perhitungan dimulai dari kandungan klorida permukaan kontan terhadap waktu, kemudian koefisien klorida dihitung menggunakan data klorida yang telah diperoleh sebelumnya. Setelah itu dapat dilakukan perhitungan kadar klorida pada tiap waktu dan kedalaman. Hasil perhitungan analisis dengan menggunakan error function untuk mengetahui kandungan dan laju difusi klorida pada beton, Hasil yang didapatkan memiliki nilai C(x,t) yang berbeda-beda. Namun macam metode dengan batasan D(t) dan Co(t) mendapatkan hasil nilai C(x,t) yang paling mendekati Nilai C(x,t) dari data jurnal.

 

Kata kunci: difusi klorida, kadar klorida, error function.

Published

2021-05-10

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)