PENGARUH SEMEN GROUND GRANULATED BLAST FURNACE SLAG (GGBFS) PADA KOMPOSISI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI

Authors

  • Jafar Aji Pramono Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Lilya Susanti
  • Siti Nurlina

Abstract

Semen Portland merupakan material yang sangat penting dalam proses produksi beton, namun tingginya produksi semen Portland dapat berdampak buruk terhadap lingkungan. Digunakannya material-material tersebut tentunya berpengaruh pada kualitas beton yang dihasilkan seperti kekuatan beton, kecepatan pengerasan, kepadatan, dan lainnya.

Pada penelitian ini, semen GGBFS dan Silika Fume digunakan sebagai bahan subtitusi pada komposisi semen suatu campuran beton. Mix design direncanakan menghasilkan beton bermutu tinggi dengan menggunakan material ramah lingkungan yaitu semen GGBFS dan Silika Fume. Variasi material yang digunakan yaitu kadar semen GGBFS 25% (A1); 45% (A2); 55% (A3); 65% (A4) dan kadar Silika Fume 0% (B1); 10% (B2) dan variasi umur beton yaitu 7 Hari (C1); 14 Hari (C2); 28 Hari (C3); 56 Hari (C4); 90 Hari (C5). Menggunakan benda uji berupa silinder dengan dimensi (30 x 15) cm.

Berdasarkan hasil penelitian pada benda uji silinder, penggunaan semen GGBFS dan Silika Fume berpengaruh terhadap kuat tekan beton, dan kekuatan yang dihasilkan mampu mencapai mutu tinggi. Pada benda uji umur 7 hari (C1) kuat tekan tertinggi terjadi pada kadar semen GGBFS 25% (A1) dan kadar silika fume 0%(B1) dengan kuat tekan rata-rata sebesar 48,79 MPa. Kemudian pada benda uji berikutnya yaitu benda uji umur 14 hari (C2), kuat tekan tertinggi terjadi pada kadar semen GGBFS 45% (A2) dan kadar silika fume 10%(B2) dengan kuat tekan rata-rata sebesar 56,41 MPa. Berdasarkan dari beberapa campuran tersebut, campuran dengan kadar Silika Fume 0% (B1) memiliki kuat tekan yang cenderung lebih besar dibanding campuran dengan kadar Silika Fume 10% (B2).

 

Kata kunci: Semen GGBFS, Silika Fume, Kuat Tekan, Beton Mutu Tinggi.

Published

2021-03-26

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)