PENGARUH PEMBEBANAN TERHADAP KUAT GESER PADA SUSUNAN PANEL BETON AGREGAT KASAR LIMBAH BATU ONYX MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BAUT

Authors

  • Hafidz Ohtavian W. Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Wisnumurti .
  • Ming Narto Wijaya

Abstract

Pada konstruksi pembangunan beton adalah sebuah material komposit yang terbuat dari kombinasi dari agregat kasar (kerikil atau batu pecah), agregat halus (pasir), bahan pengikat semen, dan air. Penggunaan beton dalam konstruksi pembangunan juga telah menyebabkan sifat konsumtif yang berlebih mengingat sebarapa pentingnya penggunaan beton ini. Sekarang dengan adanya inovasi – inovasi yang ada bahan penyusun beton seperti agregat kasar bisa di gantikan dengan penggunaan limbah pecahan batu onyx. Penggunaan limbah ini bisa digunakan untuk beton yang bersifat struktural maupun nonstruktural. Salah satu penggunaan beton non struktural adalah dinding panel beton yang merupakan beton precast. Karena beton precast, diperlukan material berupa sambungan yang kuat terhadap kekuatan geser berupa sambungan plat dan baut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa nilai kekuatan terhadap gaya geser yang dihasilkan oleh adanya perbedaan sambungan baut dengan jenis A307 pada panel beton onyx. Penelitian dilakukan dengan merencanakan panel beton berukuran 80 cm x 40 cm x 6 cm.dengan diameter baut yang berukuran 6 mm, 8 mm, dan 10 mm dengan menggunakan plat baja tipe BJ-37 tebal 3 mm. Pengujian kuat geser dilakukan dengan pemberian beban terpusat arah horizontal dengan bertahap hingga mencapai beban maksimum.

Hasil penelitian pada pengaruh perbedaan diameter sambungan baut yang semakin besar pada pasangan panel onyx menghasilkan nilai yang bervariasi. Pasanagan panel beton onyx yang menggunakan baut berdiameter 6mm menghasilkan kuat geser sebsar 3,634 kg/cm2. Nilai ini bertambah ketika ukuran diameter baut menjadi 8 mm yaitu 3.658 kg/cm2. Namun pada saat penggunaan baut berdiameter 10 mm nilai kuat gesernya turun menjadi 3,224 kg/cm2.

 

Kata Kunci : panel dinding beton onyx, kuat geser, sambungan baut

Published

2021-03-19

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)