ANALISIS RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) BERBASIS BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM X DI KOTA MALANG

Authors

  • Aryasuta Akbar Gilang Remansyah Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Saifoe El Unas
  • Indradi Widjatmoko

Abstract

Proyek konstruksi pada pelaksanaannya terbatasi oleh waktu dan biaya untuk menghasilkan sebuah produk dengan kualitas yang diinginkan oleh pemilik proyek.  Dibutuhkan sebuah manajemen proyek yang fungsinya merencanakan, mengorganisasi, serta mengelola sumber daya dengan efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan-tujuan proyek. Penyampaian informasi yang kurang jelas dan tidak terarsip dengan baik merupakan akar dari banyak permasalahan di dunia konstruksi. Penyampaian informasi yang terintegrasi dan mendetail dapat digambarkan melalui konsep Building Information Modelling (BIM).

Prinsip dasar dari BIM adalah dapat menggunakan model bangunan tiga dimensi (3D) untuk memperoleh semua gambar proyek yang diperlukan. Salah satu software BIM, Tekla Structures 18, merupakan perangkat lunak yang membantu mengelola risiko dan merencanakan keberhasilan proses konstruksi. Penelitian ini merupakan penelitian simulasi yang dilakukan dengan cara mengolah data gambar menjadi model Building Information Modelling (BIM) 3D dengan menggunakan software Tekla Structures 2018 pada proyek pembangunan gedung Laboratorium X di kota Malang. Output dari software Tekla Structures 2018 adalah model 3D serta hasil volume pekerjaan (per item, per lantai). Terdapat perbedaan hasil perhitungan dari Tekla Structures 2018 dan volume dari data, yang mayoritas lebih besar hasil volume dari data sehingga hasil RAB Tekla pun lebih kecil dari RAB data.  Perbedaan-perbedaan ini terjadi karena faktor human error / kesalahan estimator dalam perhitungan volume karena model tidak tervisualisasi.

Kata kunci : BIM, RAB, Manajemen, Proyek, Tekla Structures

Published

2020-12-29

Issue

Section

MANAJEMEN KONSTRUKSI (CONSTRUCTION MANAGEMENT)