ANALISIS PENGARUH VARIASI PANJANG PET POLYESTER FIBER TERHADAP PERILAKU LENTUR DAN KEKAKUAN BALOK BETON BERTULANG

Authors

  • Bayu Indra Pambudi Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Christin Remayanti
  • Ari Wibowo

Abstract

Beton mempunyai ketahanan terhadap tekan yang tinggi namun memiliki kekuatan tarik yang rendah, oleh sebab itu beton seringkali dikombinasikan dengan tulangan baja untuk mengoptimalkan kekuatannya. Beton bertulang sendiri masih memungkinkan untuk mengalami keruntuhan akibat retak dan deformasi. Berbagai inovasi telah dilakukan untuk meningkatkan kekuatan beton bertulang, salah satunya adalah menggunakan fiber. Fiber ini diharapkan bisa membantu kinerja dari tulangan baja dalam menahan gaya tarik yang terjadi sehingga beton memiliki ketahadanan terhadap retak dan lendutan yang tinggi serta memiliki kekakuan dan beban maksimum yang lebih baik. Pada penelitian ini jenis fiber yang digunakan adalah PET Polyester Fiber dengan lebar 3 cm dan tebal 0,2 cm serta panjang 15 cm, 30 cm dan 45 cm.

Benda uji yang digunakan adalah balok dengan dimensi 15 cm x 20 cm x 120 cm dengan mutu beton sebesar 20 MPa. Tulangan yang digunakan adalah tulangan D-10 mm sebagai tulangan utama dan Ø8 mm sebagai tulangan geser. PET Polyester Fiber akan diletakkan diatas tulangan utama bagian bawah dengan menggunakan bendrat. Pengujian benda uji akan dilakukan dengan pembebanan balok dengan beban aksial di tengah bentang serta menggunakan tumpuan sendi-rol. Pengamatan terhadap lendutan dilakukan dengan menggunakan LVDT yang diletakkan pada tengah bentang. Sementara untuk pengamatan lebar retak menggunakan microdetector, kemudian untuk pengamatan terkait dengan pola retak diamati secara visual saja.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa beban maksimum balok PET Polyester Fiber 30 cm dan 45 cm lebih baik dibandingkan dengan balok normal (naik 3,722%). Untuk lendutan dan kekakuan balok PET Polyester Fiber 15 cm adalah yang paling optimal dalam memberikan pengaruh. Pola retak yang terjadi pada balok beton normal, PET Polyester Fiber 15 cm dan PET Polyester Fiber 30 cm adalah jenis retak lentur. Sedangkan, untuk PET Polyester Fiber 45 cm jenis retak yang terjadi adalah retak lentur geser.

Kata kunci : balok, beban maksimum, lendutan, kekakuan, retak

Published

2020-12-29

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)