ANALISIS PENGARUH VARIASI PANJANG FIBER ALUMINIUM TERHADAP KAPASITAS LENTUR DAN DAKTILITAS BALOK BETON BERTULANG

Authors

  • Muhammad Rif’at Azami Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Christin Remayanti
  • Ari Wibowo

Abstract

  • Beton bertulang merupakan kombinasi dari 2 material yaitu beton yang kuat menahan tekan dan tulangan baja yang kuat menahan tarik. Tulangan baja pada beton yang memiliki daktilitas tinggi dapat memberikan regangan pada beton sehingga, keamanan pada beton bertambah sebelum mengalami keruntuhan. Jika kuat tarik pada beton melebihi kapasitasnya, maka akan terjadi retak yang mengakibatkan korosi pada tulangan baja dan melemahkan kekuatan beton bertulang. Berbagai inovasi dilakukan guna meningkatkan kekuatan beton bertulang seperti penambahan fiber aluminium.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan fiber aluminium dengan variasi panjang terhadap kapasitas beban lentur dan daktilitas (kurvatur dan perpindahan) balok beton bertulang. Balok beton bertulang dengan dimensi 15 cm x 20 cm x 120 cm dan mutu beton 20 MPa digunakan sebagai benda uji. Tulangan utama menggunakan tulangan D-10 dan tulangan 8 sebagai tulangan sengkang. Fiber aluminium yang digunakan memiliki lebar 3 cm dan tebal 0,2 cm serta variasi panjang 45 cm, 30 cm, dan 15 cm yang dipasang pada tulangan utama bagian bawah menggunakan bendrat. Strain gauge di bawah balok untuk mendapatkan data regangan balok beton. Pengujian dilakukan dengan meletakkan balok pada tumpuan sendi-rol dengan bentang 1 m. Pembebanan terpusat di tengah bentang dan peletakkan LVDT di tengah bentang untuk pembacaan lendutan.
  • Hasil pengujian menunjukkan balok dengan fiber aluminium 45 cm mengalami peningkatan beban lentur sebesar 0,98% dari balok normal. Untuk daktilitas kurvatur, balok dengan fiber aluminium 45 cm memiliki nilai sebesar 1,03 rad/m. Sedangkan pada daktilitas perpindahan, persentase penurunan paling tinggi terhadap balok normal didapati pada balok dengan fiber aluminium 45 cm yaitu sebesar 64,68%.
  • Kata kunci: balok, fiber, beban lentur, daktilitas kurvatur, daktilitas perpindahan

Published

2020-12-29

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)