Pengaruh Jumlah dan Letak Tulangan Pada Arah Transversal Transducer Terhadap Pengukuran Cepat Rambat Gelombang Menggunakan UPV (Ultrasonic Pulse Velocity)

Authors

  • Saniyyah Mislu Salsabila Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Christin Remayanti Nainggolan
  • Ananda Insan Firdausy

Abstract

Pemeriksaan mutu balok pada bangunan yang sudah terbangun dapat dilakukan dengan metode non destructive test menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity (UPV). Pada balok beton bertulang di lapangan  memiliki jumlah dan perletakan tulangan yang bervariasi. Dimana akan menghasilkan kecepatan rambat gelombng yang berbeda. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh variasi jumlah dan jarak tulangan terhadap cepat rambat gelombang pada alat UPV. Penelitian ini dilakukan menggunakan UPV (Ultrasonic Pulse Velocity) pada arah transversal.

Penelitian ini menggunakan benda uji balok beton bertulang sebagai benda uji utama. Benda uji balok memiliki dimensi 40 x 30 x 60 cm. Masing masing benda uji diberikan variasi pada perletakan baja tulangannya . Benda uji ini digunakan untuk pengujian UPV.  Benda uji yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 8 buah balok dengan mutu 20 MPa yang dibagi menjadi Beton Tanpa Tulangan, 4, Beton tulangan 8, Beton tulangan 12. Yang masing masing variasinya memiliki 2 sampel.

Kata kunci: UPV (Ultrasonic Pulse Velocity), Jarak antar transducer dengan tulangan, British STandart

Published

2020-10-01

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)