EVALUASI KINERJA STASIUN TARIK DAN TARIF KA JENGGALA DENGAN METODE ATP DAN WTP

Authors

  • Hilmy Abid Abdillah Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Achmad Wicaksono
  • Hendi Bowoputro

Abstract

Stasiun Tarik adalah Stasiun Kelas II yang terletak di Tarik, Sidoarjo. Permasalahan yang terjadi di stasiun Tarik adalah masih ada banyak calon penumpang yang berdiri untuk menunggu kedatangan kereta api karena terbatasnya tempat duduk di ruang tunggu yang hanya tersedia 24 tempat duduk dan panjangnya antrian pemesanan tiket di loket stasiun sepanjang 9 orang antrian pada jam sibuk. Pada 12 November 2014 PT.KAI (Persero) mengoperasikan Kereta Jenggala dengan rute Mojokerto - Sidoarjo untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di daerah tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan stasiun tarik menurut pengguna, perbaikan pelayanan di Stasiun Tarik, perbaikan denah Stasiun Tarik dan tingkat kemampuan serta kemauan pengguna kereta api Jenggala dalam membayar tiket kereta api.

Analisis yang digunakan untuk kepuasan pelanggan di Stasiun Tarik menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), untuk perbaikan pelayanan di stasiun tarik mengacu pada peraturan Menteri Perhubungan no 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api dan untuk kemampuan dan kemauan membayar tiket Kereta Jenggala menggunakan metode Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP).

Hasil analisis dari Stasiun Tarik belum memenuhi keinginan pengguna dan perlu peningkatan dalam hal fasilitas seperti CCTV, petugas keamanan, loket tiket, ruang tunggu dan toilet. Perbaikan fasilitas yang dilakukan adalah penambahan 2 CCTV, 5 petugas keamanan, 2 loket tiket, area tunggu 70 dan 6 toilet. Nilai kemampuan membayar penumpang kereta Jenggala adalah 116 Rp/km dan kesediaan untuk membayar penumpang kereta Jenggala adalah 147 Rp/km serta harga tiket Kereta Jenggala adalah 130 Rp/km.

 

Kata kunci: Stasiun, Tarik, Kereta Api, Jenggala, Kinerja, IPA, ATP, WTP

 

Published

2020-09-17

Issue

Section

TRANSPORTASI (TRANSPORTATION)