PENGARUH VARIASI COATING TERHADAP KERAPATAN BETON KEROPOS DENGAN MENGGUNAKAN PULSE VELOCITY PADA ALAT UPV (ULTRASONIC PULSE VELOCITY)

Authors

  • Amike Nur Latifah Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Sugeng P. Budio
  • Ming Narto Wijaya

Abstract

Beton merupakan material yang sering digunakan dalam proses pelaksanaan konstruksi. Beton dipilih karena kuat tekannya yang sangat tinggi dibanding material lainnya. Namun pembuatan beton tidak selamanya sesuai dengan yang direncanakan, yang sering terjadi yaitu keropos pada beton. Mengantisipasi adanya kerusakan pada struktur bangunan dapat dilakukan uji kekuatan. Pengujian dapat dilakukan dengan cara non destructive test atau pengujian tanpa merusak, salah satu alat yang digunakan yaitu UPV (Ultrasonic Pulse Velocity). Pada penelitian ini menunjukan bahwa masing-masing variasi coating dan tambahan acian mempunyai pengaruh terhadap cepat rambat dan waveform. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan nilai cepat rambat, amplitudo dan waveform. Pada beton dengan coating watershield, hasil yang didapatkan yaitu terjadi penurunan cepat rambat yang tidak signifikan yaitu sebesar 3,93% di titik 3 dan di titik 8 tidak mengalami penurunan dan kenaikan karena nilai cepat rambatnya yaitu 4016 m/s. Beton keropos dengan coating waterproof, hasil yang didapatkan yaitu terjadi kenaikan cepat rambat yang tidak signifikan yaitu sebesar 2,00% di titik 3 dan di titik 8 tidak mengalami penurunan dan kenaikan karena nilai cepat rambatnya yaitu 4098 m/s. Pada beton keropos dengan coating floor hardener, hasil yang didapatkan yaitu terjadi kenaikan cepat rambat yang tidak signifikan pada beton keropos yang telah dilapisi coating floor hardener di titik 3 dan 8 yaitu sebesar 2,10%. Dalam penelitian dapat dikatakan bahwa variasi coating dan tambahan acian dapat mempengaruhi pembacaan scan dari alat UPV. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan hasil cepat rambat dan waveform antara beton sebelum dan sesudah diberi lapisan acian dan coating.

 

Kata Kunci: Cepat rambat, Beton Keropos, Ultrasonic Pulse Velocity, Coating Watershield, Coating Waterproof, Coating Floor Hardener

Published

2020-09-17

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)