PERUBAHAN KARAKTERISTIK TANAH LUNAK YANG DIPERBAIKI DENGAN PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD) DENGAN POLA SEGITIGA DENGAN VARIASI JARAK PADA TANAH LUNAK DI JALAN TOL PASURUAN-PROBOLINGGO

Authors

  • Willy Anggi Abadi Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • As’ad Munawir
  • Yulvi Zaika

Abstract

Pembangunan Infrastruktur di indonesia saat ini sedang berkembang sangat pesat, salah satunya adalah pembangunan jalan tol. Permasalahan yang sering terjadi adalah karakteristik tanah yang kurang stabil pada daerah yang akan dibangun. Salah satu infrastruktur yang mengalami permasalahan ini adalah pembangunan jalan Tol Pasuruan-Probolinggo. Tanah yang berada pada daerah ini mempunyai karakteristik tanah yang tidak stabil akibat kandungan air tanah yang berlebih sehingga tanah menjadi lunak. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha perbaikan tanah agar tidak mengalami kerusakan pada saat pembangunan.

Metode yang digunakan untuk perbaikan tanah yang bersifat lunak adalah dengan perlakuan pra-pembebanan dan dipadukan dengan PVD (Pre-fabricated Vertical Drain) pola segitiga yang divariasikan dengan variabel jarak antar PVD. Pengujian konsolidasi dilakukan dengan memberikan beban secara bertahap dalam kurun waktu 24 jam selama 5 hari dengan  variasi jarak 20cm, 25cm, 30cm dan kedalaman sebesar 30cm.

Dari hasil analisis konsolidasi, terdapat perbedaan antara sampel yang menggunakan PVD dengan sampel yang tidak menggunakan PVD. Perbedaan yang terjadi yaitu penurunan pada sampel tanah yang menggunakan PVD dengan jarak 20 cm mengalami kenaikan sebesar 1135,6% dan kuat geser tanah pada sampel tanah yang menggunakan PVD dengan jarak 20 cm mengalami kenaikan sebesar 316,66%. Perbedaan ini terjadi karena PVD memberikan lintasan drainase yang memungkinkan aliran air pori lebih pendek pada saat terjadi konsolidasi, sehingga semakin pendek jarak PVD, maka lintasan aliran air dengan arah vertikal dan horizontal akan lebih pendek.

Kata kunci : PVD (Pre-fabricated Vertical Drain), Penurunan tanah, kuat geser, Jarak

Published

2020-08-31

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)