PENGARUH VARIASI COATING PADA BETON KEROPOS TERHADAP GELOMBANG ECHO DENGAN MENGGUNAKAN METODE UPE (ULTRASONIC PULSE ECHO)

Authors

  • Gabrielle Allena Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Indradi Wijatmiko
  • Indra Waluyohadi

Abstract

Perkembangan dan  pertumbuhan  industri di bidang konstruksi semakin meningkat di Indonesia terutama di bidang material pada infrastruktur. Beton merupakan komponen utama struktural yang berfungsi menahan dan mendistribusikan beban dalam suatu bangunan. Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan hasil akhir dari proses pembangunan kurang baik atau diragukan, maka dari itu diperlukan pemeriksaan terhadap kekuatan struktur bangunan dan dilakukan penyelidikan apakah bangunan tersebut kuat menahan beban guna atau diperlukan adanya perkuatan terhadap struktur bangunan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variasi coating terhadap pembacaan UPE.

Dengan menggunakan metode Non-destruktif test (NDT) berdasarkan data UPE diperoleh beton yang diberikan coating watershield dan waterproof memperlihatkan  hasil scan dan amplitudo yang lebih baik setelah diberikan coating. Floor hardener memiliki pola dan bentuk waveform yang samapada beton sebelum dan sesudah diberikan coating. Penurunan cepat rambat terjadi hanya pada beton yang diberikan acian sedangkan pada beton yang diberikan coating watershield, waterproof, dan floor hardener terjadi kenaikan cepat rambat. Dari hasil analisis pada beton yang diberikan variasi coating didapatkan bahwa pengujian UPE masih dapat digunakan pada beton yang telah dilapisi waterproof, watershield, dan floor hardener dikarenakan kenaikan cepat rambatnya tidak signifikan atau sekitar 1-2%. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa acian dan coating dapat mempengaruhi pembacaan a-scan dan b-scan pada alat UPE. Pada penelitian  juga didapatkan bahwa kekasaran permukaan yang tinggi dapat mengurangi energi yang ditransmisikan ke sampel oleh sinar ultrasonik, karena itu mengurangi amplitudo dari sinyal yang diterima. Sebagai Hasilnya, kapasitas deteksi diskontinuitas seperti rongga, retakan, dll, berkurang.

Kata Kunci: UPE (Ultrasonic Pulse Echo), Beton Keropos, Coating

Published

2020-08-19

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)