PENGARUH SEMEN GROUND GRANULATED BLAST FURNACE SLAG (GGBFS) PADA KOMPOSISI CAMPURAN SEMEN TERHADAP KUAT LENTUR BETON MUTU TINGGI

Authors

  • Muhammad Irfan Herdianto Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Sri Murni Dewi
  • Siti Nurlina

Abstract

Semen Portland merupakan material yang sangan penting dalam proses produksi beton, namun tingginya produksi semen Portland dapat berdampak buruk terhadap lingkungan. Oleh karena itu banyak ditemukan material-material ramah lingkungan yang bersifat seperti semen maupun bersifat pozzolan yang bertujuan untuk mengurangi tingkat konsumsi semen Portland. Pada umumnya material yang digunakan dalam campuran beton  yaitu Fly Ash, slag (semen GGBFS), dan Silika Fume. Digunakannya material-material tersebut tentunya berpengaruh pada kualitas beton yang dihasilkan seperti kekuatan beton, kecepatan pengerasan, kepadatan, dan lainnya.

Pada penelitian ini, semen GGBFS dan Silika Fume digunakan sebagai bahan subtitusi pada komposisi semen suatu campuran beton.  Variasi material yang digunakan yaitu kadar semen GGBFS 25% (A1); 45% (A2); 55% (A3); 65% (A4) dan kadar Silika Fume 0% (B1); 10% (B2). Menggunakan benda uji berupa balok dengan dimensi (15 x 15 x 53) cm dan dilakukan pengujian menggunakan prosedur uji kuat lentur pada benda uji mencapai umur 28 hari.

Berdasarkan hasil penelitian pada benda uji berumur 28 hari, penggunaan semen GGBFS dan Silika Fume berpengaruh terhadap kuat lentur beton, dan kekuatan yang dihasilkan mampu mencapai mutu tinggi. A1B1>A2B1>A3B1>A4B1. Pada campuran beton berikutnya dengan kandungan Silika Fume 10% (B2), kuat lentur tertinggi terjadi pada kadar semen GGBFS 25% (A1)dan 45% (A2) dengan kuat lentur rata-rata 6,67 MPa, lalu kuat lentur mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya kadar semen GGBFS dengan urutan A1B1=A2B1>A3B1>A4B1. Berdasarkan kedua campuran tersebut, campuran dengan kadar Silika Fume 0% (B1) memiliki kuat lentur yang cenderung lebih besar dibanding campuran dengan kadar Silica Fume 10% (B2).

 

Kata kunci: Semen GGBFS, Silica Fume, Kuat Lentur, Beton Mutu Tinggi.

Published

2020-08-04

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)