PENGARUH VARIASI JARAK ALAT SAMBUNG TERHADAP BEBAN LATERAL MAKSIMUM DAN KEKAKUAN AKIBAT BEBAN SIKLIK (QUASI-STATIS) PADA PORTAL BAJA CANAI DINGIN 2D

Authors

  • Bagus Anorogo Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Bhondana Bayu Brahmana Kridaningrat
  • Ming Narto Wijaya

Abstract

Pemanfaatan baja canai dingin mulai digunakan dalam konstruksi sebagai struktur bangunan. Namun material ini memiliki ketebalan yang relatif tipis dan ringan sehingga rentan terjadi kegagalan pada penyatuan elemen-elemennya. Maka perlu adanya perencanaan yang baik pada keseluruhan sistem sambungan terhadap beban-beban yang bekerja seperti beban lateral akibat gempa. Dalam penelitian ini dilakukan pembebanan siklik terhadap portal baja canai dingin yang bertujuan mengetahui pengaruh sambungan terhadap beban lateral dan kekakuan struktur. Dalam penelitian ini dirancang dua jenis portal yang memiliki perbedaan pada jarak alat sambung dari sumbu sekrup ke kolom 2 cm, ke balok 2 cm (SC 2-2) dan dari sumbu sekrup ke kolom 2 cm, ke balok 1 cm (SC 2-1). Digunakan 2 benda uji pada setiap variasi benda uji. Pembebanan menggunakan metode displacement control yaitu memperhatikan drift ratio sebesar 2%, 4%, 6%, dan 8%. Hasil pengamatan dan penelitian yang didapatkan adalah beban lateral puncak dan kekakuan struktur, dimana kapasitas tahanan pada benda uji SC 2-1 lebih besar dibandingkan dengan benda uji SC 2-2. Rata-rata nilai beban lateral puncak dan kekakuan tangensial serta secant yaitu benda uji SC 2-1 4,898 kg, 0,993 kg/cm dan 0,840 kg/cm serta benda uji SC 2-2 3,808 kg, 0,888 kg/cm dan 0,728 kg/cm. Hal ini terjadi dikarenakan jarak dari alat sambung SC 2-1 lebih kecil, sehingga pada saat pembebanan sambungan dengan jarak 2-1 bekerja lebih dahulu. Sedangkan pelat sambung pada jarak 2-2 perlu meregang hingga panjang tertentu untuk bekerja secara optimal.

Kata Kunci : Canai Dingin, Portal, Sambungan, Jarak Alat Sambung, Beban Lateral, Beban Siklik, Kekakuan Tangen, Kekakuan Secant, Histerisis, Kurva Envelope

 

Published

2020-07-29

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)