PENGARUH VARIASI PANJANG SERAT PLASTIK TERHADAP KEKAKUAN DAN DAKTILITAS BALOK BETON BERTULANG

Authors

  • Afif Fakhri Ahmi Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Ari Wibowo
  • Ananda Insan Firdausy

Abstract

Beton merupakan bahan yang umum digunakan dalam konstruksi bangunan. Beton memiliki kuat tekan yang tinggi, tetapi memiliki kuat tarik yang rendah. Oleh karena itu, beton dikombinasikan dengan tulangan baja agar mampu menahan gaya tarik. Kombinasi ini disebut beton bertulang. Berbagai inovasi dilakukan untuk menambah kualitas beton bertulang, salah satunya adalah penambahan serat. Penelitian ini menggunakan serat plastik dari botol air mineral sebagai upaya untuk membuat beton ramah lingkungan.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh penambahan serat plastik dengan variasi panjang terhadap kekakuan dan daktilitas balok beton bertulang. Benda uji balok dimensi (15x20x120) cm menggunakan mutu beton K-250 dengan tulangan utama D10 dan tulangan geser Ø8. Serat plastik yang digunakan antara lain,  dimensi (2x40) mm, (2x60) mm dan (2x80) mm. Penambahan serat menggunakan fraksi 10% dari volume balok.

Pengujian yang dilakukan antara lain, pengujian kuat tekan pada benda uji silinder dengan ekstensometer untuk mendapatkan mutu beton dan perubahan panjang silinder, serta pengujian kuat lentur benda uji balok beton bertulang pada tumpuan sendi-rol berjarak 1 meter menggunakan load gauge dan LVDT untuk mendapatkan beban dan lendutan aktual balok beton bertulang.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa kekakuan aktual terbesar dari titik tinjau I (first crack) terjadi pada penambahan serat 6 cm sebesar 1445,783 kg/mm (meningkat 38,554% dari balok normal) dan kekakuan aktual terbesar dari titik tinjau II (beban 800 kg) terjadi pada penambahan serat 6 cm sebesar 1481,481 kg/mm (meningkat 27,778% dari balok normal). Daktilitas aktual (daktilitas perpindahan) terbesar terjadi pada penambahan serat 6 cm sebesar 5,702 (meningkat 65,643% dari balok normal).

Kata kunci: balok beton bertulang, serat plastik, kekakuan, daktilitas

Published

2020-07-29

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)