STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN GEDUNG BARU SMP PETRA 6 SURABAYA MENGGUNAKAN STRUKTUR KOMPOSIT

Authors

  • Julius Nanda G. P. Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • M. Taufik Hidayat
  • Lilya Susanti

Abstract

Dalam perkembangan zaman dan teknologi di masa sekarang mengakibatkan masalah kebutuhan yang beraneka ragam, salah satunya dalam pendidikan, oleh karena itu harus diikuti dengan kemajuan fasilitas struktur dan infrastruktur yang diharapkan dapat membantu perkembangan Pendidikan. Struktur beton bertulang digunakan karena dianggap proses dalam pengerjaannya yang relative mudah dalam pengerjaan dan sudah banyak digunakan. Kekurangan struktur beton bertulang adalah beban yang relatif lebih besar dari struktur lainnya, yang mengakibatkan pengaruh terhadap beban gempa yang akan semakin besar juga.

Analisis struktur Baja Komposit disini digunakan sebagai alternative permasalahan dari struktur beton bertulang. Kelebihan struktur Baja Komposit dari struktur beton bertulang adalah bila menyesuaikan sifat material sesuai fungsinya serta kebutuhan dalam struktur gedung seperti beton memiliki kuat tekan yang besar dan baja memilik kuat tarik yang cukup besar.

Persyaratan untuk mendesain menggunakan prinsip lebih kuat kolom daripada balok dengan mengacu pada peraturan SNI 1729 – 2015. Untuk persyaratan bangunan terhadap gempa digunakan SNI 1726 – 2012 sebagai acuan mendesain. Penelitian ini menggunakan denah Gedung Baru SMP Petra 6 Surabaya. Proses analisis struktur dilaksanakan dengan menggunakan alat bantu berupa perangkat lunak SAP2000 volume 20.

Perencanaan Iini maka struktur rangka yang menggunakan struktur komposit padaKgedung ini dapatjdijadikan desainkalternatif dengan menggunakan profil WF 250 x 125 untuk balok induk dan profil WF 175 x 125 untuk balok anak. Hasil perhitungan balok sebelum komposit dan sesudah komposit ditemukan perbedaan pada momen nominal. Pada Balok induk menghasilkan pembesaran momen sebelum dan sesudah komposit yakni sebesar 116%, sedangkan pada balok anak menghasilkan pembesaran momen sebesar 197%.

Kata Kunci : Struktur Komposit, Bangunan Tahan Gempa, Balok – kolom, Baja Komposit

Published

2020-07-29

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)