STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR SAMBUNGAN BALOK-KOLOM DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PRACETAKPADA GEDUNG UBUD HOTEL BATU 7 LANTAI

Authors

  • Firman Yudi Pratama Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • M. Taufik Hidayat
  • Lilya Susanti

Abstract

Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa timur, kota terbesar kedua setelah Kota Surabaya.Kota Malang dikenal juga sebagai kota pendidikan. Banyak berbagai perguruan tinggi di kota malang yang berdekatan dengan kota batu yaitu salah satunya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Politeknik Negeri Malang karena banyaknya, Banyak juga tempat wisata yang berada pada kota batu hal ini menjadikan kota batu sebagai tempat pariwisata dari berbagai wilayah yang berada di sekitarnya seperti : Sidoarjo, Surabaya dan sekitarmya. Hal ini membuat lahan di kota Batu semakin sempit dan di perlukanya pembangunan yang cepat seperti hotel dan tempat rekreasi. Pembangunan dengan konvensional akan memerlukan lahan yang cukup luas dan waktu yang lama, maka di perlukan sebuah alternatif yaitu salah satunya dengan menggunakan metode pracetak yang di buat di pabrik atau di lokasi kemudian di rakit.

Pada perencanaan pracetak di indonesia mengacu pada SNI 2847 tahun 2013 tentang perencanaan beton struktural untuk bangunan dan untuk gempa mengacu pada SNI 03- 1726- 2012 untuk gempa struktur bangunan gedung. Dari kedua peraturan di harapkan struktur dapat tahan gempa karena kota batu berada dizona gempa 4 yang berarti rawan gempa, dan bangunan dapat efisien dan efektif. Bangunan yang di rencanakan akan menggunakan metode pracetak.

Kata Kunci : Beton Pracetak, Beban Gempa, Ubud Hotel Batu

 

Published

2020-07-17

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)