PENGARUH EKSENTRISITAS SATU SISI BRACING DIAGONAL PADA STRUKTUR PORTAL AKIBAT BEBAN SIKLIK TERHADAP MOMEN KAPASITAS STRUKTUR DAN POLA RETAK

Moch Aldin Cendekiawan Putra, Lilya Susanti, Ming Narto Wijaya

Abstract


Indonesia terletak pada tiga jalur gempa dunia (ring of fire) sehingga wilayah Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif dan rawan terjadi gempa bumi. Penduduk yang terus meningkat menjadi faktor dibangunnya infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Dengan kondisi tersebut bangunan yang dibangun pada daerah rawan gempa didesain kuat terhadap gempa. Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan bangunan tahan gempa yaitu digunakan elemen pengaku (bracing) pada struktur bangunan gedung. Posisi bracing sering kali membatasi penempatan pintu dan jendela, sehingga diperlukan penelitian mengenai eksentrisitas pada bracing.

 

Hasil dari pengujian momen kapasitas struktur yaitu momen ultimate pada portal  eksentrisitas bracing 0 cm memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan portal dengan eksentrisitas bracing 15 cm dan 30 cm. Dengan nilai momen kapasitas untuk portal eksentrisitas bracing 0 cm sebesar 3087 Kg.m, Portal dengan eksentrisitas bracing 15 cm sebesar 2310 Kg.m, dan Portal dengan eksentrisitas bracing 30 cm sebesar 1120 Kg.m. Pola retak untuk portal  eksentrisitas bracing 0 cm lebih banyak dan menyebar dibandingkan dengan pola retak portal dengan eksentrisitas bracing 15 cm dan 30 cm. Pola retak pada semua jenis benda uji portal saat kondisi beban ultimate, pada struktur menunjukkan retak yang sangat lebar pada daerah bracing untuk portal eksentrisitas bracing 0 cm dan balok link untuk portal yang memiliki eksentrisitas bracing. Jenis retak yang dominan terjadi yaitu retak geser lentur (flexural shear crack), retak geser (shear crack), dan retak lentur (flexure crack).

Kata Kunci : Portal, Beban Lateral, Pengaku, Momen Kapasitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.