MODEL PREDIKSI KECELAKAAN YANG MELIBATKAN KENDARAAN ANGKUTAN BARANG DI JALAN NASIONAL KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR

Juan Bill Parhugi Sagala ; Muhammad Fauzan Fakhrurrozi, Muhammad Zainul Arifin, Achmad Wicaksono

Abstract


Jawa Timur merupakan provinsi terluas di Pulau Jawa, selain itu Jawa timur juga merupakan kawasan strategis dimana terdapat kawasan industri, pertanian, dan perdagangan yang mengakibatkan besarnya mobilisasi barang. Hal ini turut ditunjang dengan adanya infrastruktur berupa jalan nasional rute 15 yang memadai. Kabupaten Sidoarjo menjadi wilayah dengan kasus kecelakaan  terbesar di sepanjang jalan nasional tersebut. Peningkatan angka kecelakaan tersebut juga seiring dengan tingginya kasus kecelakaan yang melibatkan kendaraan angkutan barang. Penelitian ini membahas tentang karakteristik sosio-ekonomi pengemudi kendaraan angkutan barang; karakteristik geometrik jalan dan lalu lintas; dan karakteristik kecelakaan. Data penelitian ini diperoleh melalui survei kecepatan dan geometrik jalan, dan dari instansi terkait.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pengemudi kendaraan angkutan barang yang mengalami kecelakaan di jalan nasional Kabupaten Sidoarjo didominasi oleh jenis kelamin laki-laki dengan usia yang tidak diketahui serta memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta. Untuk karakteristik geometrik jalan dan lalu lintas di jalan nasional Kabupaten Sidoarjo memiliki lebar lajur 3-3,6 meter, lebar bahu 1-5,4 meter, volume total 4092,5-7932,6 smp/jam, kecepatan aktual 49,511-62,759 km/jam. Sedangkan karakteristik kecelakaan yang terjadi adalah didominasi pada pukul 06.00-07.59, cuaca cerah, geometrik jalan lurus, jenis kecelakaan double, dan jenis cedera yaitu tidak ada luka.

 

Kata kunci: karakteristik kecelakaan, kecelakaan angkutan barang, karakteristik pengemudi, jalan nasional, Kabupaten Sidoarjo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.