PENGARUH VARIASI KAIT SERAT PLASTIK TERHADAP KUAT TEKAN, KUAT TARIK BELAH, DAN MODULUS ELASTISITAS BETON NORMAL

Rizal Fatchul Rozaq, Indradi Wijatmiko, Indra Waluyohadi

Abstract


Dalam perkembangan teknologi beton, saat ini banyak innovasi terhadap pembuatan beton baik dalam penambahan suatu bahan penyusun beton, maupun penggantian bahan dari penyusun beton. Salah satu penambahan material beton yang dapat dilakukan untuk menambah kekuatan beton khususnya kekuatan tarik adalah dengan penambahan serat. Bahan dari serat tambahan beton diupayakan adalah bahan yang murah dan kuat sehingga dengan penambahan tersebuat akan dicapai biaya dan kekuatan yang optimal.

Sementara itu penggunaan produk plastik secara tidak ramah lingkungan menyebabkan berbagai masalah yang serius. Dampak negatif sampah berbahan plastik tidak hanya merusak kesehatan manusia tetapi juga merusak lingukangan secara sistematis. Maka dari itu pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan tambahan beton merupakan hal yang tepat untuk mengurangi dampak dari limbah tersebut serta sebagai penambah kekuatan beton. Limbah yang dipakai pada penelitian kali ini adalah limbah botol plastik untuk dijadikan serat tambahan pada beton .

Hasil pengujian kuat tekan rata-rata terbesar diperoleh beton normal dengan variasi serat C dengan nilai 19,32 MPa dengan peningkatan sebesar 31,11% dari beton normal tanpa serat. Pada pengujian kuat tarik belah beton normal kait C tersebut memiliki nilai rata-rata 1,160 MPa dengan peningkatan 7,906% terhadap rata-rata beton normal tanpa serat. Sedangkan nilai kuat tarik rata-rata terkecil terjadi pada beton normal kait Z dengan nilai rata-rata 1,039 dengan penurunan sebesar 3,34% terhadap beton normal tanpa serat. Pada pengujian modulus elastisitas nilai modulus elastisitas yang paling tinggi antar benda uji dengan serat plastik diperoleh benda uji variasi tanpa serat dengan nilai sebesar 49117,845 MPa dan untuk beton dengan serat plastik yang memiliki modulus elastisitas yang paling besar adalah beton normal dengan kait C sebesar 31931,313 dengan penurunan 0,25% .

 

Kata kunci :  serat plastik, plastik minuman bekas, kuat tarik, kuat tekan, modulus elastisi



Refbacks

  • There are currently no refbacks.