PENGARUH PEMASANGAN BATU ALAM PADA STRUKTUR BATA RINGAN TERHADAP PERILAKU UJI TEKAN

Wahyu Rivaldo, Christin Remayanti N., Lilya Susanti

Abstract


Di era modern,1kemajuan infrastruktur terus berkembang, dengan semakin bertambahnya kebutuhan manusia akan infrastruktur maka banyak infrakstruktur baru yang dibangun. Dalam pembangunan infrasturktur selain merencanakan perhitungan, pemilihan alternatif bahan material juga sangat berpengaruh.Seorang perencana tidak hanya fokus kepada kekuatan struktur, akan tetapi juga mempertimbangkan estitika dari bangunan yang akan di bangun, salah satunya dengan memasang batu alam pada dinding pasangan bata ringan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentiifikasi penyebab dari lepasnya batu alam pada dinding pasangan bata ringan,1mengevaluasi hasil uji tekan bata ringan yang dipasang batu alam dan mengevaluasi perilaku uji tekan pada bata ringan, dengan bata ringan yang dipasang batu alam.

Penelitian ini menggunakan metode uji tekan pada bata ringan yang kemudian dilakukan pengumpulan dan pengolahan data. Adapun sumber data-data primer dan sekunder dari hasil uji lab. Data akan diolah dengan metode analisis. Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang bata ringan, mortar, dan batu alam.

Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Kuat tekan bata ringan tanpa mortar adalah 1,4910 MPa.Sedangkan kuat tekan bata ringan + mortar (1,5mm), bata ringan + mortar (3mm) dan bata ringan + mortar (6mm)  hasilnya adalah 1.5337 MPa; 1.8808 MPa; dan 2,0102 MPa. Dari ketiga variasi tersebut  dapat dilihat bahwa  kuat tekan bata ringan + mortar (6mm) menghasilkan kuat tekan paling tinggi dari yang lainnya .Sedangkan kuat tekan bata ringan + mortar (1.5mm) + batu alam , bata ringan + mortar (3mm) + batu alam, dan bata ringan + mortar (6mm) + batu alam adalah 1,5535 MPa; 1,7332 MPa; dan 1,9832 MPa. Dari1ketiga variasi dapat dilihat bahwa variasi yang terbesar  adalah bata ringan + mortar (6mm) + batu alam  sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemasangan mortar dan batu alam pada1bata ringan berpengaruh pada peningkattan kuat tekan pada bata ringan.

Kata kunci : bata ringan, mortar, batu alam, kuat tekan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.