STUDI ALTERNATIF ANALISIS SAMBUNGAN BALOK-KOLOM DENGAN SISTEM PRACETAK PADA GEDUNG FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Authors

  • Hani Aprilliza Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • M. Taufik Hidayat
  • Ming Narto Wijaya

Abstract

Pembangunan di Indonesia berkembang sangat pesat di segala aspek seiring dengan kemajuan jaman, contohnya adalah Kota Malang dengan segala potensinya menjadikan daerah ini sebagai daya Tarik setiap orang untuk memenuhi kebutuhan. Dengan adanya hal tersebut maka solusinya adalah dengan membangun gedung- gedung bertingkat demi tercapainya efisiensi dalam membangun gedung tersebut, maka digunakan metode beton pracetak.

Konsep pembangunan mengacu ke dalam SNI 03- 1726-2012 tentang tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung serta SNI 03-2847-2002 tentang tata cara perhitungan struktur beton sehingga acuan kedua peraturan tersebut akan didapatkan struktur yang tahan gempa, efektif, dan efisien. Dalam studi ini merupakan analisis Gedung Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang dengan zona gempa 4 yang di rencanakan kembali dengan menggunakan metode pracetak.

 

Kata Kunci : Pracetak, Cor penuh, Beban gempa, Volendam

Published

2019-11-06

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)