PERUBAHAN KECEPATAN KONSOLIDASI AKIBAT PERBEDAAN JARAK, PANJANG DAN BESARNYA BEBAN PRELOADING PADA TANAH LUNAK DENGAN PERBAIKAN PVD POLA SEGIEMPAT

Authors

  • Wiratama Ratriwarajiwa Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Yulvi Zaika
  • Harimurti .

Abstract

Dalamvpekerjaan konstruksi,vtanah merupakan bagian yang terpenting. Salah satu pekerjaan konstruksi yang berhubunganddengan tanah ialah pembangunan jalan tol. Sampel yang.diuji dalam penelitian.ini.adalah tanah lempung lunak yang berasal dari lokasi pembangunan jalan tol yaituvKecamatan Grati Kabupaten Pasuruan , Jawa Timur. Tanah lempung lunak merupakan tanah yang memiliki sifat,vyaitu kadar air yang tinggi, kuatvgeser yang rendah, dan kompresibilitas tinggi,vsehinggavdapat mengganggu kualitas infrastuktur yang akanvdi bangun di atas tanah tersebut. Untuk meningkatkan kualitas tanah maka diperlukanvperbaikan, saat inivpenelitian untuk perbaikan tanah sudah banyak dilakukan. Salah satunya dengan uji konsolidasi yang dikombinasikan dengan PVD pemasangan pola segiempat. Padavpenelitian ini, penulis inginvmengetahui waktu penurunan denganvmenggunakan berbagai macam variasi PVD.

Variasi PVD yang ditinjau adalah panjang, beban, dan jarak. Untuk panjang yang digunakan adalahv10cm; 15cm; 18cm; dan 20cm pada tiapvmasing-masing sampel, sedangkan untukvbeban yaitu 30kg; 40kg; 50kg; dan 60kg,vadapun variasi jarak 12cm; 14cm; 16cm; danv18cm. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data tersebut adalah Faktor yang paling efektif dan berpengaruhvdalam penurunan adalahvfaktor panjang karena waktu palingvsingkat diperoleh dalamvwaktu 2,5 hari lebih cepatvdibandingkan faktor jarak dan beban untuk menghasilkan t 90% dalam kondisi lapanganv, sedangkan waktu terlamavyaitu penurunanvkonsolidasi tanpa pvd yangvmembutuhkanvwaktu 17 tahun untuk mencapai t 90%..

KatavKunci : tanah lempung lunak, variasi PVD, pola segiempat, konsolidasi,vwaktu penurunan.

Published

2019-10-24

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)