PENGARUH VARIASI KAIT SERAT PLASTIK TERHADAP KUAT TEKAN, KUAT TARIK BELAH, DAN MODULUS ELASTISITAS BETON RINGAN

Authors

  • Resdayanto Miladi Kautsar Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Christin Remayanti N.
  • Indra Waluyohadi

Abstract

Beton adalah material yang sering digunakan di dunia teknik sipil. Beberapa kelebihan beton diantaranya memiliki daya kuat tekan yang besar, tahan terhadap api, mudah dibentuk, bahan baku yang mudah didapatkan, oleh karena itu beton banyak digunakandalam dunia konstruksi sebagai pemilihan jenis struktur seperti struktur bangunan, jembatan dan jalan. Beton juga memiliki kekurangan yaitu memiliki kuat tarik yang rendah mengakibatkan beton tersebut bersifat getas atau rapuh dan mudah retak.

Penggunaan limbah plastik sebagai tambahan campuran beton bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang susah diatasi dan keberadaannya menimbulkan pencemaran lingkungan. Plastik mempunyai berat yang ringan dan tidak mudah berubah bentuk. Penambahan serat ini akan menambah berat beton sehingga agregat kasar yang biasanya digunakan akan di campur dengan pumice atau batu apung agar menjadi beton ringan. Serat yang digunakan 2 variasi kait dengan menekuk ujung serat yang berfungsi sebagai interlocking serat pada beton.

Hasil uji kuat tekanrata-rata terbesar diperoleh beton ringan serat kait Z dengan nilai rata-rata sebesar 11,7 MPa dengan peningkatan sebesar 23,6% dari rata-rata beton ringan tanpa serat.Pada pengujian uji tarik belah beton ringan variasi serat kait C dan Z memiliki nilai rata-rata yang lebih besar dibandingkan berton ringan tanpa serat sebesar 1,1 Mpa dan 1,2 MPa mengalami peningkatan 10,5% dan 14,03% dari rata-rata beton ringan tanpa serat.Uji modulus elastisitas nilai yang paling tinggi dengan metode SNI 03-2847-2002 adalah beton ringan variasi kait Z sebesar 11343,7 Mpa sedangkan untuk modulus elastisitas secan, initial tangen, dan ASTM C-469 nilai paling tinggi adalah beton ringan tanpa serat, Hal ini menunjukkan bahwa penambahan serat kait pada beton ringan tidak menambah nilai modulus elastisitas.

Kata kunci :  serat plastik, serat kait, batu apung,kuat tarik, kuat tekan, modulus  elastisitas

Published

2019-07-29

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)