ANALISIS METODE DIRECT DISPLACEMENT BASED DESIGNGEDUNG F FILKOM UB DENGAN KONFIGURASI DINDING GESER

Authors

  • ARDIAN SUBHAN MAULANA Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Wisnumurti .
  • Ming Narto Wijaya

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletakdiantaracincinapipasifik. Hal inimenyebabkan negara Indonesia seringdilandagempabumi. Cincinapipasifiksendirimerupakanpertemuanantara 3 lempengbenuayaituEuroasiadariutara, Indo-Australia dariselatan dan Pasifikdaritimur. Sehinggabangunankhususnyabangunantinggiharusdidesaintahangempa. Semuainidilakukanuntukmeminimalisirdampakkerusakanstrukturbangunan, diperlukanperkuatanbangunansepertidindinggesersebagaisistempenahangaya lateral untukdapatmengurangiperpindahanakibatgayagempa.

Dindinggeserdapatmenahangaya lateral akibatgempadenganprinsipkerjamenyalurkangempasehinggamengurangiterjadinyasendiplastis pada balok dan kolom. Dalamkaijanini, objek yang digunakanadalah Gedung F FakultasIlmuKomputerUniversitasBrawijayadimanagedungakandidesainmenggunakanmetodeDirect Displacement Based Design (DDBD)untukgedungeksistingmaupungedung yang akan di berikanperkuatandindinggeser. MetodeDirect Displacement Based Design (DDBD)merupakanmetodeuntukmenekankannilaiperpindahangunamenentukankekuatan yang dibutuhkanbangunanterhadapgempadesain. Pada kajianinimetode DDBD digunakanuntukmembandingkanperforma dan mekanismekeruntuhandaribangunan yang sudahada (eksisting) denganbangunan yang akandiberikanperkuatan, dimanakajianinidibantudengan program ETABS dalammelakukananalisisnon-linear pushover.

Berdasarkanhasilanalisisnon-linear pushover Gedung FFakultasIlmuKomputerUniversitasBrawijaya yang didesainmenggunakanmetodeDDBD, bahwauntukbangunanaslitanpaperkuatanmenghasilkannilaiperpindahanatapuntukarah X yaitusebesar 0,689 m dan untukarah Y sebesar 0,747 m sedangkanbangunan yang menggunakanperkuatandindinggeserTipe B (kajian) menghasilkanperpindahanatapuntukarah X sebesar 0,207 m dan untukarah Y sebesar 0,095 m. Untuktingkatkinerja yang diperoleh OD berada pada kondisiDamage Control (DO) dan untuk yang diberikandindinggeserTipe B berada pada kondisiImmediete Occupancy (IO). Makadapatdisimpulkanbahwapenggunaanperkuatandindinggeserdapatmengurangisimpangan lateral dan penggunaandindinggesertersebutberpengaruhterhadapperubahantingkatkinerja

Kata kunci: direct displacement based design, DDBD, non-linear pushover, perpindahanatap, dindinggeser

Published

2019-07-22

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)