Pengaruh Penambahan Fly Ash terhadap Kuat Tekan dan Modulus Elastisitas Beton dengan Campuran Semen Slag

Authors

  • Rizal Tri Anggara Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Sri Murni Dewi
  • Desy Setyowulan

Abstract

Infrastuktur merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan suatu negara. Dunia konstruksi bangunan di Indonesia modern ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Hal tersebut dibuktikan dengan bertambah banyaknya bangunan yang didirikan, berbagai bentuk dan jenis bangunan dan berbagai teknologi baru yang telah ditemukan.

Pada penelitian ini akan dianalisis pengaruh penambahan fly ash terhadap kuat tekan dan modulus elastisitas beton yang telah menggunakan campuran semen slag dan semen portland. Komposisi semen slag yang akan digunakanan adalah 40% dan semen portland 60%, sedangkan komposisi penambahan fly ash yang akan digunakan adalah 10% dan 20% dari berat jumlah semen portland dan semen slag. Serta memvariasikan umur beton yaitu 7 hari, 28 hari, dan 56 hari, dengan perlakuan curing yang sama. Dalam penelitian ini dibuat satu jenis benda uji yaitu benda uji silinder untuk diuji modulus elastisitas dan kuat tekan. Benda uji silinder memiliki ukuran diameter 15 cm tinggi 30 cm. Masing-masing benda uji diberikan variasi komposisi semen portland, semen slag, fly ash, dan agregat. Jumlah benda uji kubus adalah 60 buah dengan jumlah tiap variasi adalah 5 buah

Pengaruh Fly Ash terhadap kuat tekan beton dengan campuran semen portlan 60% dan semen slag 40%, penambahan Fly Ash 20% lebih tinggi kuat tekanya daripada penambahan Fly Ash 10%. Pada pengujian kuat tekan  dihasilkan kuat tekan yang paling besar terdapat pada mutu benton K-350 dengan penambahan Fly Ash 20% pada umur 56 hari dengan nilai 42,14 Mpa. Sedangkan pengaruh penambahan Fly Ash terhadap modulus elastisitas beton dengan campuran semen portland 60% dan semen slag 40% adalah penambahan Fly Ash memberikan pengarh yang berbeda-beda pada setiap umur yang di rencanakan terhadap nilai modulus elastisitas beton.

Kata Kunci : modulus elastisitas, kuat tekan, semen slag.

Published

2019-07-18

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)