PENGARUH PEMASANGAN KERAMIK DUA SISI PADA BATA RINGAN TERHADAP UJI LENTUR

Riyan Ilmi Permana Komardi, Wisnumurti ., Achfas Zacoeb

Abstract


Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan kreatifitas manusia, maka berkembang pula teknologi dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang konstruksi. Bidang konstruksi dewasa ini banyak memperkenalkan teknologi baru yang efisien dari segi waktu dan pelaksanaan yang tentunya dapat menekan biaya pelaksanaan. Teknologi- teknologi tersebut diantaranya mulai dari metode perhitungan dan metode pelaksanaan sampai material yang digunakan.Seorang engineer tidak hanya fokus kepada kekuatan struktur suatu bangunan, melainkan juga mempertimbangkan nilai keindahan suatu bangunan, dengan memasang keramik pada pasangan bata ringan tersebut.

Penelitian dengan judul “Pengaruh Pemasangan Keramik Dua Sisi Pada Bata Ringan Terhadap Perilaku Uji Lentur”, memiliki rumusan bagaimana hasil uji lentur terhadap bata ringan yang dipasang keramik pada dua sisi dan apa penyebab dari lepasnya keramik dua sisi pada dingding pasangan bata ringan. Tujuan penelitian ini ada mengidentifikasi penyebab dari lepasnya keramik dua sisi pada dinding pasangan bata ringan dan mengetahui hasil uji lentur bata ringan yang dipasang keramik pada dua sisi.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan dan pengolahan data. Adapun sumber data data primer dan sekunder dari hasil uji lab. Data akan diolah dengan metode analisis. Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang bata ringan, mortar, dan keramik.

Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kuat lentur rata-rata bata ringan yang dipasang keramik dengan ketebalan 1,5mm, 3mm, dan 6mm sebesar 0,6327 MPa, 0,7609 MPa, dan 0,8314 MPa, sedangkankuat lentur bata ringan sebesar 0,5982 MPa. Kekuatan lentur pada bata ringan yang dipasang keramik lebih besar 0,5%, 2,1%, dan 2,8%   dari kekuatan bata ringan saja.

Kata Kunci : Bata ringan, mortar, keramik, dan Hasil uji lentur

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.