PENGARUH DUA SISI EKSENTRISITAS BRACING PADA STRUKTUR PORTAL AKIBAT BEBAN LATERAL TERHADAP DAKTILITAS DAN POLA RETAK STRUKTUR

Authors

  • Muhammad Iqbaal Hidayat Jati Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Ming Narto Wijaya
  • Bhondana Bayu B. K.

Abstract

Bencana gempa beberapa tahun belakangan ini sering terjadi sehingga mengakibatkan korban jiwa dan bangunan yang rusak. Salah satu untuk meminimalisir kerusakan dan simpangan pada bangunan tingkat tinggi adalah dengan menambahkan elemen pengaku diagonal (bracing).Hal ini bertujuan untuk memberikan perkuatan dan mengurangi simpangan pada struktur portal.Pada penelitian ini dibuat benda uji portal bracing tipe single diagonaldengan jenisportal bracing konsentris (CBF) sebanyak 1 buah yaitu portal Adan portal dengan bracing eksentris (EBF) sebanyak 2 buah yaitu  portal B dengan eksentrisitas 15 cm diatas dan dibawah serta portal C dengan eksentrisitas 30 cm diatas dan 15 cm dibawah. Benda uji portal memiliki dimensi 110 x 10 x 80 cm yang dibuat dari beton bertulang dengan mutu rencana K-175 (14,5 Mpa). Tulangan utama yang digunakan adalah baja polos ukuran Ø6 mm untuk tulangan utama dan ukuran Ø4 mm untuk tulangan transversal. Pengujian pembebanan benda uji portal dilakukan secara horizontal dengan menggunakan alat load cell berkapasitas 10 ton dan LVDT untuk memperoleh nilai deformasi yang nanti diolah untuk mendapatkan nilai daktilitas struktur portal. Selain itu dari pengujian juga diperoleh penyebaran daerah pola retak dari benda uji portal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa benda uji portal dengan bracing konsentris (CBF) yaitu benda uji portal A dengan eksentrisitas bracing 0 cm lebih efektif digunakan karena mampu memikul beban lateral paling besar hingga 4410 kg dan mempunyai nilai daktilitas paling tinggi serta pola retak yang paling sedikit dibandingkan dengan benda uji portal yang memiliki jarak eksentrisitas yang semakin lebar pada bracing (EBF).

Kata Kunci: Earthquake, Portal, Bracing, Eksentrisitas, Beban Lateral, Daktilitas, Pola Retak.

Published

2019-07-01

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)