PERUBAHAN KEKUATAN TANAH LUNAK AKIBAT PEMASANGAN PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD) POLA SEGIEMPAT DENGAN VARIASI PANJANG

Authors

  • Ragilya Maharani Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Yulvi Zaika
  • As’ad Munawir

Abstract

Perkembangan pembangunan insfrastruktur di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Dapat dilihat dari pembangan Tol Gempol-Pasuruan, yang memiliki sifat konsistensi tanah yang tidak stabil, disebabkan kandungan air yang berlebih sehingga berpotensi mengalami penurunan akibat konsolidasi. Dari data tersebut perlu dilakukan perbaikan tanah dengan mtode preloading yang dikombinasikan dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) pola persegi dengan timbunan secara bertahap skala laboratorium.

Pada penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan pelaksanaan, yaitu persiapan, kegiatan lapangan dan pekerjaan laboratorium.  Pengambilan sampel tanah di daerah Grati dengan metode undisturbed soil dan disturted soil. Sampel tanah kemudian dilakukan uji konsolidasi, kadar air, density dan vane shear. Setelah mengetahui perilaku tanah lunak terhadap daya dukung tanah dengan metode preloading dikombinasikan dengan PVD variasi panjang preloading yang ditentukan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan ini adalah tanah didaerah tersebut merupakan jenis tanah lunak dengan tebal lapisan 15,5 m. Penambahan beban secara bertahap (setiap tahap sama) dari variasi panjang sampel yang berbeda dapat menaikkan harga koefisien kompre,si yang akan menyebabkan besarnya kenaikan penurunan. Dimana terdapat kenaikan terbesar 148,9583% dengan panjang PVD 20 cm, dan terdapat kenaikan kuat geser terbesar 314,5679% dengan panjang PVD 20 cm.

Kata Kunci: Tanah Lunak, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Konsolidasi, Vane Shear, Kuat Geser.

Published

2019-05-24

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)