PERUBAHAN KEKUATAN TANAH LUNAK AKIBAT PEMASANGANPREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD)POLA SEGIEMPAT DENGAN VARIASI JARAK

Authors

  • Faisal Abda Alif Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Yulvi Zaika
  • Eko Andi Suryo

Abstract

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dari pembangunan nasional.  Infrastruktur memegang peranan yang penting sebagai salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Infrastruktur jalan yang ada sekarang nampaknya mulai tak dapat menampung volume kendaraan yang kian meningkat, termasuk beberapa titik di Jawa Timur. Salah satunya yaitu ruas tol Surabaya-Batu yang saat ini tengah dilakukan pembangunan jalan tol yang menghubungkan antara daerah gempol dengan kota Pasuruan tepatnya di desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa timur.  Pembangunan ini dilakukan dengan kondisi tanah di daerah tersebut yaitu tanah lempung lunak, sehingga berpotensi mengalami penurunan akibat konsolidasi.

Untuk penanganan permasalahan tersebut, diperlukan pengetahuan tentang perbaikan tanah lunak.  Salah satu metode yang digunakan adalah perencanaan perbaikan tanah lunak dengan menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD) pola segi empat dengan variasi jarak yang telah ditentukan untuk mengetahui besar penurunan dan kekuatan tanah pada jalan tol gempol-pasuruan.  Dalam penelitian ini dapat dilakukan beberapa pengujian antara lain uji konsolidasi, uji kadar air, uji density dan uji vane shear dengan tujuan mempercepat konsolidasi tanah dan mampu meningkatkan daya dukung tanah di daerah gempol-pasuruan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan ini adalah tanah di daerah tersebut dapat diklasifikasikan sebagai tanah lunak dengan tebal lapisan 15,5 m. Penambahan beban secara bertahap (setiap beban sama), dengan semakin dekat jarak antar PVD maka akan menaikkan harga koefisien kompresi yang akan menyebabkan kenaikan penurunan.   Dengan melakukan pengujian konsolidasi penambahan beban secara bertahap (dengan penambahan beban sama) dari variasi jarak antar PVD didapatkan semakin dekat jarak antar PVD maka indeks kompresi yang didapat dan penurunan yang terjadi semakin besar. Dimana penurunan terbesar terjadi pada PVD jarak 12 cm sebesar 159,375 % dan untuk uji vane shear didapatkan semakin dekat jarak antar PVD maka semakin besar nilai kuat geser yang dihasilkan. Dimana perubahan kenaikan kuat geser terbesar terjadi pada PVD jarak 12 cm sebesar 343,210 %.

Kata kunci: Tanah Lunak,Prefabricated Vertical Drain (PVD), Konsolidasi, Vane Shear, Kuat Geser

Published

2019-05-24

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)