JARAK EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH PASIR PADA PONDASI PERSEGI PANJANG DENGAN PANJANG PONDASI (L/B) = 1,2 DAN KEDALAMAN PONDASI (DF/B) = 1

Authors

  • Atika Praptawati Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Harimurti .
  • As’ad Munawir

Abstract

Permasalahan utama pada tanahhpasir dengan nilai kerapatan relatif yang rendah (pasir lepas) jika diberikan pembebanan di atasnya adalah penurunan yang besar danhdaya dukunghtanah yang rendah. Selain itu, adanya beban eksentris akan mengakibatkan pengurangan (reduksi) dayahdukunghtanah.Pengujian dilakukan pada tanahhpasir Rc 80%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jarak lapis geogrid teratas(u) dan jarak eksentrisitas beban(e) terhadap dayahdukung tanah pasir pada pondasi persegi panjang. Uji model yang dilakukan di laboratorium mengunakan 3 lapis perkuatan geogrid dengan rasio Df/B = 1. Rasio yang digunakan adalah variasi u/B sebesar 0,2; 0,3; 0,4dan variasi rasio e/B sebesar 0,05; 0,1; 0,15.Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa dari analisis BCR, nilai peningkatan daya dukunghtanahhpasir yang menghasilkan nilai maksimum terdapat pada jarak lapis geogridhteratas (u/B)=0,2 dan jarak eksentrisitas beban (e/B) = 0,15.

Kata kunci:dayahdukung, penurunan, tanah pasir, bearing capacity ratio, pondasi persegi panjang, geogrid, variasi jarak lapis teratas geogrid, variasi jarak eksentrisitas beban.

Published

2019-05-16

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)