PENGARUH JARAK ANTAR LAPIS GEOGRID DAN JARAK EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP PENINGKATAN DAYA DUKUNG TANAH PASIR PADA PONDASI PERSEGI PANJANG

Authors

  • Kharisma Tria Maharani Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • As’ad Munawir
  • Eko Andi Suryo

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jarak antar lapis geogrid(h) dan jarak eksentrisitas beban (e) terhadap daya dukung tanah pasir dengan Rc 80% pada pondasi persegi panjang. Hasil daya dukung dari pondasi persegi panjang dengan perkuatan akan dibandingkan dengan pondasi tanpa perkuatan. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah pengaruh variasi jarak eksentrisitas beban (e) dan variasi pengaruh jarak antar lapisan geogrid (h) terhadap daya dukung dan penurunan pada pondasi persegi panjang. Uji model yang dilakukan di laboratorium mengunakan 3 lapis perkuatan geogrid dengan rasio Df/B = 1. Rasio yang digunakan adalah variasi e/B sebesar 0,05; 0,1; 0,15 dan variasi rasio h/B sebesar 0,1; 0,2; 0,3.

Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa dari analisis BCR, nilai peningkatan daya dukung tanah pasir yang menghasilkan nilai maksimum terdapat pada jarak antar lapis geogrid (h/B)=0,3 dan jarak eksentrisitas beban (e/B) = 0,15.

 

Kata kunci: daya dukung, tanah pasir, bearing capacity ratio, pondasi persegi panjang, geogrid, variasi jarak eksentrisitas beban, variasi jarak antar lapis geogrid.

Published

2019-05-16

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)