PENGARUH VARIASI PILIN SERAT KALENG TERHADAP KUAT LENTUR, LENDUTAN, DAN POLA RETAK BALOK BETON BERTULANG

Authors

  • Muh. Nurul Ishaq Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Ari Wibowo
  • Bhondana Bayu Brahmana K

Abstract

Bangunan gedung merupakan hasil pekerjaan kontruksi secara fisik yang menyatukan berbagai komponen struktur sebagai kesatuan untuk mendistribusikan beban dari atas sampai ke bawah. Kekuatan komponen struktur sangat bergantung pada bahan dan dimensi yang akan digunakan. Secara umum, bahan yang paling sering digunakan yaitu beton bertulang. Pada zaman sekarang, inovasi mengenai beton bertulang sudah semakin banyak, terutama penelitian mengenai beton serat. Serat yang digunakan berupa serat kaleng. Penggunaan serat kaleng ini merupakan langkah yang tepat dalam upaya mengurangi sampah.Hal ini membuat peneliti ingin meneliti pengaruh variasi pilin serat kaleng terhadap kuat lentur, lendutan, dan pola retak balok beton bertulang. Penelitian ini memanfaatkan limbah serat kaleng yang telah dipotong dengan ukuran 4 cm dan lebar 2 mm serta dipilin sebanyak 1x dan 1,5x. Fraksi serat kaleng yang digunakan adalah sebesar 10% dari volume balok (15x20x130) cm.

Pengujian dilakukan pada balok beton bertulang setelah berumur 28 hari. Perencanaan dan pengujian balok menggunakan beban terpusat di tengah bentang. Pengukuran lendutan menggunakan LVDT yang diletakkan di kedua sisi di tengah bentang balok. Sedangkan pola retak diamati secara visual dan penggunaan Dyno lite untuk mengukur lebar retak balok.

Hasil pengujian kuat lentur balok menunjukkan bahwa penambahan serat kaleng pada balok beton bertulang kurang berpengaruh. Hasil pengamatan lendutan dan lebar retak balok menunjukkan bahwa penambahan serat kaleng yang telah dipilin sebanyak 1,5x dapat mengurangi nilai lendutan dan lebar retak. Nilai lendutan dan lebar retak balok serat kaleng yang telah dipilin 1,5x masing-masing berkurang sebesar 10-15 % dari nilai lendutan balok normal dan berkurang 23,85% dari nilai lebar retak balok normal. Hasil pengamatan pola retak menunjukkan bahwa balok normal dan balok dengan penambahan serat kaleng memiliki pola retak geser lentur.

Kata kunci :     Balok beton bertulang, serat kaleng, kuat lentur, lendutan, pola retak

Published

2019-05-07

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)