PERENCANAAN JUMLAH GARDU DAN RAMP DI AKSES KARANGLO PADA TOL PANDAAN-MALANG

Authors

  • R. Cakra Bagaskara, Abiel Cahya Nugraha Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Ludfi Djakfar
  • Hendi Bowoputro

Abstract

Jalan Tol diselenggarakan untuk mendukung pergerakan lalu lintas secara optimal serta meningkatkan efisiensi pelayanan jasa distribusi guna menunjang ipeningkatan pertumbuhan ekonomi terutama di wilayah yang tingkat perkembangan ekonominya tinggi. Pembangunan jalan tol yang sedang berlangsung adalah jalan tol iPandaan-Malang. Tol yang juga terhubung dengan jalan tol Gempol-Pandaan ini nantinya diharapkan akan mampu mengurai simpul kemacetan yang ada di jalan arteri dan dapat memangkas waktu tempuh dari Malang menuju Pandaan dan sebaliknya. Maka perlu analisis yang bertujuan untuk mengetahui potensi pengguna jalan tol, merencanakan desain geometrik pada ramp dan merencanakan jumlah gardu tol. Potensi pengguna jalan tol dianalisis dengan survey asal-tujuan dan stated preference. Berdasarkan hasil analisis potensi pengguna jalan tol pada tahun 2020,2025,2030, 2035 untuk golongan I secara berturut-turut adalah 10145,13596,18220 dan 24417 kendaraan/hari; kendaraan golongan II adalah 1186,1590,2130 dan 2885 kendaraan/hari. Perencanaan geometrik ramp menggunakan Peraturan Standar Geometrik Jalan Bebas Hambatan untuk Jalan Tol No.007/BM/2009dihasilkan 3 tikungan horizontal dengan 2 tipe tikungan SCS (Spiral-Circle-Spiral) dan 1 tikungan SS (Spiral-Spiral). Kecepatan rencana sebesar 60 km/jam dengan jari-jari 110 meter. Perhitungan jumlah gardu tol dengan model antrian FIFO pada tahun 2025 dan 2035 adalah sejumlah 6 dan 8 gardu tol dengan tingkat kedatangan 1883 dan 3273 kendaraan/jam.

 

Kata Kunci: Jalan Tol, Potensi Pengguna Tol, Stated Preference (SP), Asal-Tujuan, Geometrik, Ramp, Gardu Tol

Published

2019-03-04

Issue

Section

TRANSPORTASI (TRANSPORTATION)