PENGARUH PENAMBAHAN SEMEN PORTLAND TIPE 1 TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH LUNAK UNTUK MENDAPATKAN NILAI CBR DIPROYEK JALAN TOL GEMPOL – PASURUAN

Authors

  • Adista Fahara Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Yulvi Zaika
  • Arief Rachamansyah

Abstract

Dalam pembangunan jalan tol, tanah mempunyai peran yang penting dalam mempengaruhi perencanaan pembangunan jalan. Setiap bangunan Teknik sipil tidak lepas dari struktur bawah yang dipengaruhi oleh jenis tanahnya. Jenis tanah di Indonesia mayoritas memiliki jenis tanah ekspansif. Tanah lempung ekspansif merupakan salah satu jenis tanah yang banyak ditemukan memiliki masalah keteknikan.Pada penelitian ini zat yang aditif yang digunakan adalah semen Portland 1 (PC-1) . semen ini banyak digunakan untuk konstruksi yang memerlukan persyaratan khusus atas ktehanan kadar garam sulfat tinggi, seperti konstruksi tepi laut, bangunan di derah pelabuhan, bangunan di bawah permukaan tanah (underground), konstruksi tiang pancang, jembatan dan bangunan derah rawa. Menggunakan variable campuran semen (5% ; 8% ; 10% ; 12% ; 15%) guna mendapatkan campuran yang dapat menghasilka hasil yang maksimal.Dalam penelitian ini objek yang diamati adalah tanah lunak yang berasal dari Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Pengujian laboratorium yang dilakukan seperti uji specific gravity dan uji batas-batas atterberg untuk mengetahui sifat fisis tanah yang sudah dicampurkan dengan Semen. Sedangkan untuk mengetahui sifat mekanis tanah campuran dilakukan pengujian seperti uji pemadatan standard dan uji CBR unsoaked maupun soaked.

Kata kunci: tanah lunak,stabilisasi tanah,cement, karakteristik, daya dukung,CBR

Published

2019-02-18

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)