STUDI KELAYAKAN FINANSIAL TOL MOJOKERTO – KERTOSONO SEKSI 3

Authors

  • Febrian Adi Satria Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Yatnanta P. Devia
  • Hendi Bowoputro

Abstract

Jalan merupakan salah satu infrastruktur yang mempunyai dampak besar dalam perkembangan ekonomi maupun sosial suatu negara.Jalan tol Mojokerto – Kertosono seksi 3 merupakan bagian dari proyek Trans Jawa.Untuk menghindari kerugian, sebelum melakukan pembangunan proyek harus diberlakukan studi kelayakan.Fokus pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan investasi pada proyek pembangunan jalan tol Mojokerto – Kertosono Seksi 3.

 

Langkah awal dalam penelitian ini adalah menghitung forecast pendapatan tol selama masa konsesi dengan metode pertumbuhan LHR tol dan metode pertumbuhan pendapatan dan dipilih metode mana yang paling mendekati keadaan riil. Lalu menyusun aliran kas pendapatan dan pengeluaran.Selanjutnya dilakukan perhitungan tingkat kelayakan finansial dengan metode Net Present Value, Internal Rate Return, Benefit Cost Ratio, dan Payback Period.Analisis sensitivitas dihitung terhadap kenaikan biaya total konstruksi, kenaikan biaya pemeliharaan rutin jalan tol, kenaikan biaya gaji karyawan, dan penurunan pendapatan.Dalam penelitian ini, adapun perhitungan volume kendaraan yang harus dicapai agar Break Event Point.

 

HasilpenelitianmenunjukanbahwaJalan Tol Mojokerto – Kertosono Seksi 3 layak secara finansial untuk dilakukan atau menguntungkan dengan nilai NPV = Rp. 268.977.646.436; nilai IRR = 9,8004%; nilai BCR = 1,52; dan PP pada 32 tahun 1 bulan. Hasil analisis sensitivitas menunjukan batas penurunan pertumbuhan pendapatan sebesar 1,398%; batas kenaikan biaya pemeliharaan per-tahun sebesar 12,96%; batas kenaikan biaya total biaya konstruksi sebesar 103,6%; dan batas kenaikan biaya gaji karyawan sebesar 238,3%. Hasil perhitungan BEP, BEP dapat dicapai apabila dicapai pendapatan sebesar Rp. 465,473,353,449 yang dapat terdiri dari volume kendaraan golongan I sebanyak 72.323.698; kendaraan golongan II sebanyak 2.522.318; kendaraan golongan III sebanyak 599.043; kendaraan golongan IV sebanyak 166.928; dan kendaraan golongan V sebanyak 446.854

Katakunci:analisis studi kelayakan finansial,,analisis sensitivitas,jalan tol,break event point.

Published

2019-01-02

Issue

Section

MANAJEMEN KONSTRUKSI (CONSTRUCTION MANAGEMENT)