EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN TERMINAL BUS ARJOSARI DI KOTA MALANG

Authors

  • Dwit Safari City ; Ahmad Muzakki Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Achmad Wicaksono
  • Rahayu Kusumaningrum

Abstract

Seiring dengan perkembangan kota Malang yang semakin pesat, maka aktifitas manusia semakin beragam dan meningkat terutama di terminal. Namun di terminal Arjosari ini justru merupakan permasalahan utama, seperti ketidakjelasan arah menyebabkan para calon penumpang merasa kebingungan untuk menuju tempat yang akan dituju, penumpang yang naik dan turun di dalam terminal lebih memilih naik dan turun di luar terminal karena waktu tunggu di dalam terminal yang cukup lama. Penelitian ini menggunakan metode survai lapangan, dengan melakukan pengamatan secara langsung di Terminal Arjosari pada hari Jum’at, Sabtu, Minggu, Senin pada jam (06:00-11:00) sesi pagi dan untuk siang jam (12:00-18:00) serta dengan jumlah responden 390 untuk penyebaran kuisioner. Pengamatan langsung dilakukan dengan pencatatan data waktu kedatangan bus, plat nomor, jurusan, waktu parkir, waktu keberangkatan dan kuisioner serta dilakukan wawancara. Metode analisisa penelitian ini menggunakan : (a) Analisis Antrian, (b) Analisis Kapasitas Parkir, (c) Analisis Waktu Layan, (d) Analisis IPA, (e) Analisis SWOT. Dari hasilanalisis antrian di Terminal Arjosari, jumlah kedatangan bus terbesar terjadi pada hari Jum’at pagi (06:00-11:00) dimana nilai λ = 0,3996 bus/menit, lebih tinggi dari waktu lainnya dan belum terjadi tingkat antrian yang jenuh karena nilai Ï < 1. Konfigurasi parkir yang digunakan pada areal parkir tersebut adalah parkir sejajar. Dari hasil perhitungan kapasitas kedua areal parkir tersebut menghasilkan kapasitas sebesar 43 bus. Dari hasil perhitungan fluktuasi dan akumulasi parkir dengan interval 1 jam didapat fluktuasi maksimum di keempat hari survei terjadi pada hari Jum’at pagi (10:00-11:00) dengan volume 31 bus. Pada layanan keberangkatan, waktu layan rata-rata bus sangat bervariasi. Nilai waktu layan rata-rata terlama terjadi pada hari Senin siang antara 5 menit sampai dengan 30 menit. Dari 12 atribut pada analisis IPA terdapat 2 atribut yang masuk dalam kuadran I, dimana kedua atribut tersebut adalah (1) Lajur pejalan kaki, (2) Jalur kedatangan dan keberangkatan. Untuk menentukan strategi yang digunakan terkait permasalahan di Terminal Arjosari dilakukan analisis SWOT

 

Kata Kunci : Terminal, Antrian, Areal Kedatangan, Areal Parkir, Areal Keberangkatan, Importance Performance Analysis (IPA), Analisis SWOT.

 

Downloads

Published

2018-12-13

Issue

Section

TRANSPORTASI (TRANSPORTATION)