PENGARUH PENGGUNAAN SUPERPLASTICIZER TERHADAP KEAUSAN BETON POROUS YANG MENGGUNAKAN RCA (RECYCLED COARSE AGGREGATE)

Authors

  • Mukhamad Redianto Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Eva Arifi
  • Indra Waluyohadi

Abstract

Beton porous merupakan bentuk sederhana dari beton ringan yang dibuat dengan cara mengurangipenggunaan agregat halus. Beton porous terdiri dari agregat kasar, air, semen, dan sedikit agregat halus atau tanpa agregat halus. Beton porous memiliki rongga berkisar antara 15% sampai 35%. Nilai rongga atau void ratio yang besar ini menjadikan beton porous mudah dilewati oleh air atau bersifat permeabel, namun memiliki kekuatan yang lebih rendah dibanding beton normal. Beton porous dapat digunakan sebagai bahan perkerasan jalan pada trotoar, lahan parkir, dan jalan berkapasitas rendah lainnya.

Pada penelitian ini sampel yang digunakan memiliki diameter 1505 mm dan tinggi 100 5 mm. Pengujian abrasi beton porous menggunakan metode cantabro loss yaitu dengan diputar 300 kali dalam mesin los angeles (LA machine) tanpa bola baja. Metode cantabro loss dapat mengidentifikasi kualitas dan kuantitas kekuatan dari ikatan pasta semen ataupun ikatan antar agregat. Beton porous dibuat tanpa menggunakan agregat halus dan menggunakan agregat kasar 10 mm - 20 mm. Perbandingan agregat dan semen yang digunakan adalah 1:4 dengan fas 0,3. Pada penambahan superplasticizer variasi fas yang digunakan adalah0,2 dan 0,25. Pemanfaatan recycled coarse aggregate (RCA) diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengurangi pengunaan agregat kasar alam. Variasi RCA yang digunakan adalah 0%, 50%, dan 100%. Semen yang digunakan adalah portland pozzoland cemen (PPC). Beron porous dengan penambhan superplasticizer bersifat  SCC (Self Compacting Concrete) dan perwatan beton dilakukan selama 7 hari berdasarkan ACI 522 1-3. Pengujian beton porous dilaksanakan saat beton berumus 28 hari.

Hasil cantabro loss menunjukan ketahanan abrasi  pada beton porous dengan tambahan superplasticizer pada putaran ke 300 tidak ada yang memenuhi persyaratan sebagai bahan perkerasan jalan. Syarat batas maksimum abrasi yang digunakan adalah 50%. Hal ini menunjukkan superplasticizer tidak cocok untuk beton porous.

Kata Kunci : Beton Porous, Superplasticizer, Abrasi, Recycled Coarse Aggregate.

Downloads

Published

2018-07-23

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)