PENGARUH PENGGUNAAN SILICA FUME DAN FLY ASH SEBAGAI PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON POROUS YANG MENGGUNAKAN RCA (RECYCLE COARSE AGGREGATE)

Authors

  • Anak Agung Gde Agung Oka Widyastana Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Eva Arifi
  • Christin Remayanti N

Abstract

Untuk mengurangi potensi limbah kontruksi kita dapat mendaur ulang atau memanfaatkan lagi limbah beton sebagai agregat yang berbentuk RCA (Recycled Coarse Aggregate). RCA akan digunakan sebagai pengganti kerikil alam dalam proporsi beton porous, dan dengan sedikit atau tanpa menggunakan agregat halus dalam pembuatan beton porous. Inovasi pengunaan Recycled Coarse Aggregates (RCA) sebagai bahan campuran beton ditawarkan, namun nilai kuat tekan dari beton porous dengan adanya material pengganti semen yaitu silica fume dan fly ash perlu dikaji lebih banyak dimaksudkan untuk menjadi acuan dalam perencanaan dan pelaksanaan pengunaan bahan perkerasan jalan.

Pada pelakasanaan pengujian pendahuluan agregat meliputi, berat isi, berat jenis dan penyerapan agregat kasar. Untuk pengujian pada beton porous ada 1 yaitu pengujian kuat tekan. Pengujian tersebut untuk mengetahui nilai kuat tekan pada beton porous dengan variasi campuran yang menggunakan fly ash, silica fume, dan RCA dengan harapan dapat meningkatkan nilai kuat tekan dari beton porous. Proporsi antara semen, agregat, dan air yang digunakan yaitu 1 : 4 : 0,3. Metode pelakasanaan pembuatan beton porous dilakukan sama dengan beton biasa, namun untuk pemadatan menggunakan proctor hammer standart dan curing (perawatan) benda selama 7 hari, sesuai dengan pelaksanaan curing pada ACI 522-I-13.

Hasil dari pengujian kuat tekan menunjukan bahwa beton porous yang menggunakan silica fume, dan fly ash dapat meningkatkan bonding antar agregat dengan perbandingan penggunaan RCA 0%, 50%, dan 100% dengan perbandingan umur pengujian 28 hari dan 56 hari. Pada umur pengujian 28 hari mencapai nilai maksimumnya pada persentase penggunaan campuran RCA 0%, FA 25%, dan SF 0% yaitu dengan nilai sebesar 8,179 MPa, sedangkan pada umur pengujian 56 hari mencapai nilai maksimumnya pada persentase penggunaan campuran RCA 50%, FA 25%, dan SF 7% yaitu dengan nilai sebesar 10,631 MPa.

 

Kata kunci : Beton porous, RCA,  fly ash, silica fume, kuat tekan.

Downloads

Published

2018-07-23

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)