PENGARUH LIMBAH BATU ONYX PENGGANTI AGREGAT KASAR BETON TERHADAP LENDUTAN (DEFLEKSI) BALOK BETON BERTULANG

Achmad Yusar Dzakwan, Wisnumurti ., Edhi Wahyuni S

Abstract


Agregat kasar merupakan salah satu material pembentuk beton dengan kebutuhan volume paling besar dalam campuran sekitar 60% sampai 80% volume agregat. Limbah pecahan onyx yang dihasilkan dari perusahaan besar pengrajin onyx setiap harinya mencapai 500 kg. Komponen struktur harus memenuhi kemampuan layan untuk menjamin tercapainya perilaku struktur yang cukup baik pada tingkat beban kerja. Kemampuan layan terbatas pada tingkat beban kerja dan salah satunya ditentukan oleh lendutan pada beton bertulang. Maka dari itu diperlukan penelitian terhadap lendutan (defleksi) beton agregat limbah batu onyx balok bertulangan tunggal dan beton agregat kerikil bertulangan tunggal.

Pada penelitian ini dibuat dua jenis benda uji yaitu balok beton bertulang normal dan balok beton bertulang limbah onyx. Penelitian yang dilakukan dengan pembuatan benda uji silinder dan balok beton bertulang dengan dimensi 0,15 x 0,25 x 2 meter. Pengujian kuat tekan dengan menggunakan compression machine. Serta pengujian lentur dengan dibebani secara berangsur hingga mencapai beban maskimum.

Lendutan pada balok beton bertulang limbah onyx dan kerikil pada setiap daerah grafik beban-lendutan cenderung mengalami perbedaan yakni lebih kecil nilai lendutan yang didapatkan dari balok normal daripada balok dengan limbah onyx. Pada daerah elastis dan kondisi leleh pada balok beton bertulang dengan limbah onyx memiliki kecenderungan mampu menahan beban yang lebih besar daripada balok beton bertulang normal dan pada daerah pasca-serviceability yakni pada beban maksimum balok normal cenderung dapat menahan beban yang lebih besar daripada balok beton bertulang dengan limbah onyx. Dari analisa teoritis pada beban yang sama (P= 1000kg), pada balok beton bertulang normal memiliki nilai lendutan rata-rata yang lebih kecil, yakni sebesar (δ= 0,1557 mm), sedangkan balok beton bertulang dengan menggunakan limbah onyx memiliki nilai lendutan rata-rata  sebesar (δ= 0,1622 mm).

Kata Kunci:balok beton bertulang, agregat, limbah batu onyx, lendutan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.