PERENCANAAN ALTERNATIF ANALISIS SAMBUNGAN BALOK-KOLOM DENGAN SISTEM PRACETAK PADA GEDUNG KULIAH FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK PENGAIRAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Arifan Muslim Prasetyo, M. Taufik Hidayat, Ananda Insan Firdausy

Abstract


Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia sehingga banyak pelajar yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di kampus ini. Tercatat pada 2017 Universitas Brawijaya menjadi salah satu penerima SBMPTN terbanyak. Tidak seimbangnya jumlah antara mahasiswa yang diterima dan lulus di Universitas Brawijaya membuat kebutuhan gedung perkuliahan di kawasan Universitas Brawijaya meningkat. Akibatnya banyak berbagai fakultas yang membuat gedung perkuliahan yang baru untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswanya. Salah satu solusinya adalah dengan membangun gedung perkuliahan yang baru. Pembangunan gedung bertingkat saat ini sebagian besar menggunakan dua metode, yaitu dengan metode beton bertulang konvensional dengan menggunakan bekisting yang dicor di tempat dan menggunakan metode beton bertulang pracetak yang dibuat di pabrik atau di lokasi proyek kemudian dirakit.

Konsep pembangunan mengacu ke dalam SNI 03-1726-2012 tentang tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung, non gedung serta SNI 03-2847-2013 2013 tentang tata cara perhitungan struktur beton sehingga akan didapatkan struktur yang tahan gempa dan efisien dan SNI 7388 : 2012 tentang tata cara perencanaan beton pracetak dan beton prategang untuk bangunan gedung. Dalam studi ini merupakan analisis Gedung Kuliah Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya dengan zona gempa 4 yang di rencanakan kembali dengan menggunakan metode pracetak.

Kata Kunci : Pracetak, Cor penuh, Beban gempa, Sambungan Balok-Kolom


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.