PERENCANAAN ALTERNATIF ANALISIS SAMBUNGAN BALOK KOLOM DENGAN SISTEM PRACETAK PADA GEDUNG PARKIR DAN PERKANTORAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Kholilurrohman ., M. Taufik Hidayat, Lilya Susanti

Abstract


UniversitasBrawijayaadalahuniversitasnegeriterkemuka di Indonesia sehinggabanyakpelajar yang berminat untukmelanjutkanpendidikan di kampusini. Banyaknya jumlah mahasiswa membuat kebutuhan sarana dan prasarana meningkat. Permasalahan yang timbulperludicarikansebuahsolusi agar terciptasuasana yang tertib, nyaman,danaman. Salah satusolusinyaadalahdenganmembangungedungparkirdanperkantoranserta demi tercapainyaefisiensidalammembangun gedung tersebut, maka digunakan metode beton pracetak.

Mengacu pada SNI 2847-2013 tentang persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung, SNI 7833-2012 tentang tata cara perancangan beton pracetak dan beton prategang untuk bangunan gedung, SNI 1727-2013 tentang beban minimum untuk perancangan bangunan gedung dan struktur lain, dan SNI 1726-2012 tentang tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung agar didapatkan struktur bangunan yang aman, efektif dan efisien. Dalam studi ini gedung yang dianalisis adalah gedung parkir dan perkantoran fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas brawijaya yang akan di desain ulang menggunakan metode pracetak.

 

Kata Kunci : Pracetak, Tulangan Tambahan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.