MODELOPREDIKSI KECELAKAANOPENGGUNA SEPEDA DIOKOTA SURABAYA, JAWA TIMUR

Authors

  • Rizky Apriastini ; Rora Istidamatul Mahbubah Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • M. Zainul Arifin
  • Achmad A. Wicaksono

Abstract

Banyaknya pertumbuhan jumlahpenduduk mengakibatkan perkembangan yang sangatpesatditandaidengansemakinmaraknyapembangunaninfrastruktursertakawasanpemukimanpenduduk, sehingga menyebabkan volume lalu lintas yang terus meningkat dan berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah kecelakaan.Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui model kecelakaan pengguna sepeda.Metode penelitian yang digunakan analisis statistik deskriptif dan generalized linier model dengan menggunakan data primer berupa volume lalu lintas, kecepatan dan geometrik jalan serta data sekunder beruda data kecelakan dari Polda Jatim.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka diperoleh hasil kecelakaan yang paling sering melibatkanopengguna sepedaoberjenis kelaminolaki-lakimemiliki rentang usia 15-25 tahun dengan pekerjaan sebagai pegawai swasta. Kecelakaan paling sering terjadidi ruas jalan lurus padaorentang waktuo06.00-11.59 WIBdenganojenis cedera luka ringan yang mengalami kerugian <200.000.

Model Prediksi Kecelakaan di Kota surabaya memberikan model yang tidak valid/tidak akurat. Model prediksi yang diperoleh adalah sebagai berikut: McA= 1,061 Dimana: McA = jumlah kecelakaan, Arus = arus lalu lintas (smp/jam),

Kata kunci: ModeloPrediksi, KecelakaanoSepeda, GeneralizedoLinieroModel,oKota Surabaya

 

Downloads

Published

2018-01-26

Issue

Section

TRANSPORTASI (TRANSPORTATION)