PERENCANAAN PERBAIKAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN PRELOADING DENGAN KOMBINASI PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD) DAN PREFABRICATED HORIZONTAL DRAIN (PHD) PADA PEMBANGUNAN KAWASAN KOTA SUMMARECON BANDUNG AREA AMANDA DAN BTARI

Ryan Hendraning Risdianta, Harimurti ., Wahyu P. Kuswanda

Abstract


Dalam pekerjaan konstruksi, tanah lunak menjadi permasalahan karena merupakan tanah yang kurang mendukung pada perkuatan konstruksi. Tanah lunak memiliki daya dukung tanah yang rendah dan penurunan yang relatif besar dan juga berlangsung lama karena kandungan air dan udara serta celah pori yang ada di dalam tanah tersebut besar sehingga diperlukan perencanaan perbaikan tanah lunak. Dalam hal ini, perencanaan perbaikan tanah lunak di Kawasan Kota Summarecon bandung dikaji menggunakan Preloading dengan kombinasi Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Vacuum Preloading dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD).

Dari data sondir dan bor test menunjukkan bahwa kondisi tanah di Kawasan Kota Summarecon Bandung Area Amanda dan Btari memiliki jenis tanah lanau kelempungan dan memiliki konsistensi tanah sangat lunak sampai dengan lunak serta prosentase lanau yang lebih besar dari pada lempung dan memiliki kandungan pasir. Sehingga metode yang sesuai untuk perbaikan tanah tersebut adalah menggunakan Preloading dengan kombinasi Prefabricated Vertical Drain (PVD) untuk mempercepat penurunan konsolidasi. Berdasarkan 3 data bor test pada Cluster Amanda dan Btari memiliki kesamaan kedalaman tanah compressible yaitu 25 m sehingga dapat dikelompokkan dalam satu zona.

Hasil yang didapatkan dari kajian ini adalah lama waktu yang dibutuhkan penurunan alami untuk mencapai konsolidasi 90% adalah 125 tahun. Sedangkan setelah dilakukan perbaikan tanah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai konsolidasi 90% adalah 25 minggu menggunakan pola segitiga dengan jarak 1.3 m. Desain pondasi menggunakan pondasi dangkal persegi yang memiliki ukuran 150 cm x 150 cm dan dengan kedalaman 50 cm. Daya dukung pondasi dangkal sebelum dilakukan perbaikan menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD) sebesar 575,2149 kN/m² dan sesudah dilakukan perbaikan sebesar 773,8362 kN/m².

Kata kunci : Konsolidasi, preloading, Prefabricated Vertical Drain (PVD), perbaikan tanah lunak, daya dukung pondasi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.