ANALISIS BIAYA PEKERJAAN TANGGA PANELMENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO (STUDI KASUS: PROYEK RUKO THE BOULEVARD JAKARTA GARDEN CITY)

Authors

  • Mala . Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Rahayu Kusumaningrum
  • Saifoe El Unas

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi turut mempengaruhi ranah konstruksi. Sehingga pada akhirnya muncul material terbarukan yaitu panel. Namun material panel ini belum diatur dalam SNI, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan pemasangan tangga panel, tidak hanya biaya langsung namun juga biaya tidak langsung, yaitu biaya overhead dan kontingensi. Dalam 1 panel tangga terdiri dari lebar 1,075 m, panjang 5,15 m’, dan 15 anak tangga. Panel yang digunakan yaitu dari Mpanel,salah satu produk milik PT Modern Land.

Adapun penelitian dilakukan dengan mengamati waktu pengerjaan di lapangan untuk mengetahui produktivitas 1 unit tangga panel menggunakan daily record sheet. Diketahui bahwa efektivitas jam kerja yaitu 40 menit dalam 1 jam. Data-data tersebut dianalisis menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) dengan harga satuan yang didapat dari proyek untuk menghasilkan biaya langsung. Sedangkan biaya overhead diambil 15% dari biaya langsung tiap pekerjaan, 15% diambil berdasarkan contoh yang tertera pada Peraturan Menteri PUPR28-2016. Pada biaya kontingensi diambil tingkat resiko sebesar 11% berdasarkan asumsi proyek. Untuk mendapatkan nilai kontingensi menggunakan Monte Carlo maka digunakan software @risk dengan memasukkan data RAB maksimum, most likely, dan minimum dengan harga satuan yang didapat dari wawancara serta nilai iterasi kemudian akan diproses otomatis hingga mendapatkan persentil ke 89%. Setelah biaya langsung, biaya overhead, dan kontingensi diketahui maka didapatkan total biaya yang diperlukan untuk pengerjaan 1 unit tangga panel.

Hasil dari penelitian ini yaitu dapat diketahui biaya langsung untuk upah 1 unit tangga panel yaitu Rp 1.967.866, biaya langsung untuk material 1 unit tangga panel Rp 11.146.913, biaya langsung 1 unit tangga panel Rp 13.114.779, biaya tak langsung yaitu biaya overhead dan kontingensi untuk 1 unit tangga panel Rp 2.939.002, dan harga satuan yaitu total harga langsung dan tak langsung yang diperlukan untuk pekerjaan 1 unit tangga panel adalah Rp 16.053.800,36.

Downloads

Published

2017-08-04

Issue

Section

MANAJEMEN KONSTRUKSI (CONSTRUCTION MANAGEMENT)