PENGARUH PANJANG PONDASI DAN JARAK ANTAR LAPIS GEOGRID TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH PASIR PADA PONDASI PERSEGI DENGAN KEDALAMAN PONDASI (DF/B) = 0,6 DAN JARAK LAPIS TERATAS GEOGRID (U/B) = 0,3

Authors

  • Anasrullah Wahid Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • As’ad Munawir
  • Harimurti .

Abstract

Pondasi dangkal merupakan jenis pondasi yang sering digunakan untuk bangunan rumah tinggal karena memiliki biaya konstruksi yang ekonomis. Pondasi dangkal hanya bisa digunakan pada kondisi tanah yang baik yang mampu menerima beban dari sebuah struktur. Untuk kondisi tanah pasir lepas dengan gradasi buruk, peningkatan daya dukung tanah menggunakan geogrid menjadi salah satu cara yang efektif. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap perilaku tanah pasir akibat variasi panjang pondasi (1B; 1,5B; 2B) dan jarak antar lapis geogrid (0,2B; 0,25B; 0,3B) dengan permodelan pondasi persegi dengan dan tanpa perkuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai daya dukung dan BCR maksimum berada pada permodelan dengan perkuatan berada pada panjang pondasi sebesar 1B dan jarak antar lapis geogrid sebesar 0,2B.

Kata Kunci :daya dukung, tanah pasir, perkuatan geogrid, variasi panjang pondasi, variasi jarak antar lapis geogrid, overburden.

Downloads

Published

2017-08-02

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)