PERENCANAAN ALTERNATIF MAIN BUILDING A HOLLAND PARK CONDOTEL DI KOTA BATU DENGAN MENGGUNAKAN PROFIL CASTELLATED BEAM NON KOMPOSIT

Authors

  • Ardian Nur Hidayatullah Rifai Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • M. Taufik Hidayat
  • Christin Remayanti Nainggolan

Abstract

Potensi Kota Batu semakin berkembang setiap tahun baik dari segi pariwisata, pertanian, perdagangan, maupun industri. Oleh karena itu pembangunan di Kota Batu menjadi pesat dengan ditandai pembangunan perumahan, apartemen, tempat – tempat pariwisata untuk mengatasi kepadatan penduduk yang meningkat serta untuk menyejahterakan masyarakat. Hampirseluruhbangunan yang ada di Kota Batudirencanakanmenggunakanstrukturbetonbertulangtermasuk gedung Main Building A Holand Park Condotel   Kota Batu. Kekurangan dari strukturbetonadalah bangunan/gedung memikulbeban yang relatifbesar karena berat sendiri beton (beban mati) yang besar. Semakinbesarberatsendiripadabangunanmakasemakinbesar pula bebangempa yang harusditahanbangunatersebut. Olehkarenaituperluadanyaperencanaan lain sebagai alternatif sturktur beton, yaitumenggunakanstrukturbaja. Dalam analisis dan evaluasi ini akan dilihat perhitungan struktur dari profil Castellated Beam.

Untuk detail penampangbalokmenggunakanbajaprofilCastellated Beam non kompositdenganpelatbeton yang dianggapbebanvertikal. Sedangkanuntuk detail penampangkolommenggunakanprofilWide Flangedenganselubungbeton.Kontrolpenampangpadabalokdankolomdilakukansetelahperencanaanawaldimensi. Untuk perhitungan momen nominal (Mn) pada profil WF utuh harus memenuhi syarat ØMn < Mu, setelah memenuhi syarat maka profil WF dibentuk menjadi castellated kemudian dikontrol terhadap momen, geser,  jarak antar lubang, dan lendutan.

Kata Kunci : LRFD, Stuktur Baja, Castellated Beam

Downloads

Published

2017-08-02

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)