PENGARUH KEDALAMAN DAN LEBAR PONDASI MENERUS YANG DIPERKUAT DENGAN 2 LAPIS GEOGRID DENGAN JARAK 0,5B TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH PASIR DENGAN KEPADATAN RC = 70%

Authors

  • Enrico Widy Alfi Syahr Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Arief Rachmansyah
  • As'ad Munawir

Abstract

Dalam suatu bangunan, sebuah pondasi berfungsi sebagai perantara untuk meneruskan beban struktur yang ada di atas muka tanah dan gaya-gaya lain yang bekerja ke tanah pendukung bangunan tersebut. Setiap pondasi bangunan perlu direncanakan berdasarkan jenis, kekuatan dan daya dukung tanah tempat berdirinya. Salah satu tanah yang labil adalah tanah pasir. Tanah pasir memiliki nilai kohesif yang sangat rendah dan juga dapat menyebabkan penurunan yang cepat ketika beban bekerja. Tanah pasir juga akan mengalami penurunan yang tidak seragam, oleh karena itu diperlukannya perbaikan tanah, agar tanah pasir dapat stabil dan dibangun diatasnya.Penelitan yang dilakukan adalah tanah pasir dengan RC 70% dan dibebani oleh pondasi menerus diatasnya. Untuk perkuatannya digunakan geogrid tipe biaksial dengan rasio kedalaman pondasi dan lebar pondasi. Penelitian ini digunakan variasi lebar pondasi 6 cm, 8 cm, dan 10 cm dan juga rasio d/B sebesar 0; 0,5; dan 1. Pengujian pada penelitian ini menggunakan LVDT, load cell, dan hidraulik jack. Untuk pembacaan dibaca tiap beban 50 kg sampai model mengalami keruntuhan. Pada penelitan ini didapatkan hasil bahwa semakin besar lebar pondasi dan rasio kedalaman pondasi maka semakin besar pula nilai daya dukung ultimatenya. Akan tetapi untuk Bearing Capacity Ratio (BCR) tidak demikian. Nilai daya dukung BCR untuk lebar pondasi meningkat seiring dengan semakin besarnya lebar pondasi. Sedangkan untuk rasio kedalaman didapatkan nilai d/B yang paling besar yaitu d/B = 0,5. Sehingga dari pelitian ini didapatkan nilai daya dukung paling besar yaitu pada lebar pondasi 10 cm dan rasio kedalaman d/B = 1. Sedangkan untuk nilai Bearing Capacity Ratio (BCR) yang paling optimum adalah pada lebar pondasi 10 cm dan rasio kedalaman d/B = 0,5.

Kata kunci: daya dukung, tanah pasir, bearing capacity ratio, pondasi menerus, geogrid,    variasi kepadatan  relatif, variasi jarak lapis geogrid teratas.

Downloads

Published

2017-07-28

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)