PENGARUH KEDALAMAN PONDASI DAN RASIO PANJANG PONDASI TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH PASIR PADA PONDASI PERSEGI DENGAN JARAK LAPIS PERTAMA GEOGRID (u/B=0,3) DAN JARAK ANTAR LAPIS GEOGRID (h/B=0,2)

Authors

  • Ovy Ellen Arviananda Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • As’ad Munawir
  • Eko Andi Suryo

Abstract

Pada dasarnya sebuah pondasi persegi membutuhkan landasan dengan struktur tanah yang cukup baik, dengan semakin sempitnya lahan yang layak untuk mendirikan suatu bangunan, maka perlu adanya alternatif untuk mendirikan suatu bangunan pada tanah yang kondisinya kurang baik dan kurang memenuhi syarat.Salah satu cara dalam meningkatkan daya dukung tanah adalah dengan geosintetik seperti geotekstil dan geogrid.Dalam penelitian ini dilakukan pengujianpada pemodelan fisik tanah pasir dengan 2 perlakuan yaitu tanpa perkuatan dan dengan perkuatan geogrid. Variasi yang diterapkan pada pengujian sampel berupa lebar pondasi (12 cm,18 cm,24 cm) dan rasio kedalaman pondasi terhadap lebar pondasi(0,3;0,45;0,6). Hasil penelitian memperlihatan bahwa semakin besar nilai daya dukungnya ketika lebar pondasi dan rasio Df/B semakin besar. Hasil analisis BCR menunjukkan bahwa daya dukung terbesar terletak pada lebar pondasi 12 cm dengan rasio Df/B = 0,3.

Kata kunci :daya dukung, tanah pasir, perkuatan geogrid, variasi lebar pondasi, variasi rasio kedalaman pondasi terhadap lebar pondasi.

Published

2017-07-24

Issue

Section

GEOLOGI TEKNIK (GEOLOGY)