PENGARUH VARIASI PANJANG KAIT (INTERLOCKING) SERAT KAWAT LOKET LAPIS PVC TERHADAP LENDUTAN DAN KUAT LENTUR BALOK BETON BERTULANG

Authors

  • Alodia Vannia Sihotang Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Ari Wibowo
  • Christin Remayanti Nainggolan

Abstract

Retakan-retakan pada beton akan menimbulkan dampak buruk. Salah satu cara meningkatkan kuat tarik adalah dengan menambahkan serat (fiber) kedalam campuran beton. Penambahan fiber juga dapat meningkatkan kemampuan untuk menahan lentur dan daktilitas pada beton tersebut (Suhendro, 1990).

Penelitian ini menggunakan balok dimensi 100 x 15 x 20 cm. Adapun mutu beton rencana yang digunakan adalah sebesar 21,7 MPa. Tulangan yang adalah tulangan polos berdiameter 10 mm. Jenis serat yang digunakan adalah kawat, dengan jenis kawat loket lapis PVC. Volume fraksi serat kawat yang digunakan adalah sebesar 1% dari volume beton. Variasi panjang kait (interlocking) adalah 0,6 cm; 1,2 cm; dan 1,8 cm dengan panjang kawat adalah 3,6 cm.

Balok dengan serat interlocking 0,6 cm mampu menahan beban 5716 kg, balok dengan serat interlocking 1,2 cm mampu menahan beban 4903 kg, dan balok dengan serat interlocking 1,8 cm mampu menahan beban 5234 kg. Balok dengan penambahan serat kawat interlocking 0,6 cm mampu menahan beban vertikal maksimum yang lebih besar daripada beton dengan penambahan serat kawat interlocking 1,8 cm dan 1,2 cm.

Untuk lendutan pada saat beban maksimum, balok dengan serat interlocking 0,6 cm memiliki lendutan sebesar 2,836 cm, balok dengan serat interlocking 1,2 cm memiliki lendutan sebesar 2,983 cm, dan balok dengan serat interlocking 1,8 cm memiliki lendutan sebesar 2,830 cm. Balok dengan interlocking 1,8 cm menghasilkan lendutan aktual lebih kecil daripada balok dengan interlocking 0,6 cm, dan 1,2 cm tetapi dengan perbedaan lendutan yang tidak terlalu signifikan yaitu sebesar 3,43%.

Kata kunci: balok beton bertulang, serat kawat, kuat lentur, lendutan

Downloads

Published

2017-07-21

Issue

Section

STRUKTUR (STRUCTURE)